Dari Mana Olahraga Sepak Bola Berasal? Ini Penjelasan Peneliti

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 19 Juni 2018 | 21:11 WIB
Menurut peneliti, pendahulu dari permainan sepak bola dapat ditemukan di Amerika. (Luis Acosta/AFP/Getty Images)

Sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia. Ia mudah dimainkan, dan para penonton pun merasa terhubung dengan tim yang berlomba di stadion – seperti yang terjadi pada Piala Dunia 2018.

Menurut FIFA, orang-orang Tiongkok adalah yang pertama kali menggiring bola ke dalam jaring pada abad ke-3 sebelum Masehi. Selanjutnya, permainan ini mulai dikenal dengan nama sepak bola ketika Inggris membentuk tim di abad 19. 

Namun, menurut peneliti, pendahulu dari permainan populer ini dapat ditemukan di Amerika. “Ide dari olahraga ini diciptakan di Mesoamerika,” ujar Mary Miller, profesor sejarah dan seni di Yale University.

Kembali  ke sejarah

Di Mesoamerika -- wilayah geografis yang membentang dari Meksiko hingga Kosta Rika -- peradaban berkembang dengan baik sebelum Columbus “menemukan” mereka. Banyak penduduknya berolahraga dengan bola berat yang terbuat dari resin pohon.

Masih belum jelas di mana sepak bola diciptakan, namun permainan ini cukup terkenal dalam budaya Mesoamerika seperti Teotihuacanos, Aztec, dan Maya sejak tiga ribu tahun lalu.

Baca juga: Biksu Millenial di Mongolia Berusaha Beradaptasi dengan Dunia Modern

Namanya bervariasi – mulai dari ullamaliztli di Aztec hingga pok-ta-pok atau pitz di Maya. Peraturan permainan pun bermacam-macam – ada yang merebut bola dengan menangkapnya, menabrak, atau menggunakan raket dan alat pemukul.

Peradaban kuno ini menyempurnakan proses pembuatan bola karet, seribu tahun sebelum zaman modern.

“Orang-orang itu membuat ribuan bola karet. Bentuknya masih agak berongga, namun beratnya masing-masing mencapai tujuh kilogram,” papar Miller.

Bola-bola tersebut hampir tersebar di semua budaya Mesoamerika, beberapa di antaranya bahkan masih ada dalam catatan arkeologi.