4 Pemain yang Paling Cepat Mendapat Kartu Merah di Piala Dunia

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 21 Juni 2018 | 15:54 WIB
Carlos Sanchez mendapat kartu merah di Piala Dunia 2018. (Reuters)

Gelandang tengah Kolombia, Carlos Sanchez, boleh lega karena satu hal: kartu merah yang didapatnya mendekati menit ke-3 saat melawan Jepang di Piala Dunia 2018, ternyata bukan yang paling cepat dalam sejarah.

Rekor tersebut masih berada di tangan bek timnas Uruguay, Jose Batista, yang mendapat kartu merah di menit pertama, saat melawan Skotlandia, di Piala Dunia 1986.

Dalam sejarah Piala Dunia, ada empat pemain yang paling cepat dikeluarkan dari pertandingan akibat kartu merah. Bahkan, waktunya kurang dari sepuluh menit. Siapa sajakah mereka?

Baca juga: Pertikaian 'Abadi' Antara Saudara Kandung Lahirkan Adidas dan Puma

Jose Batista, 1986

Batista, pemain belakang tim Uruguay, diberikan kartu merah di detik ke-52 saat bertanding melawan Skotlandia, di Piala Dunia 1986, Meksiko.

Kartu merah dilayangkan kepadanya setelah Batista menjatuhkan gelandang tengah Skotlandia, Gordon Strachan.

Mungkin kartu merah bisa dikeluarkan lebih awal karena pelanggaran terjadi pada detik ke-39. Namun, perlu waktu 13 detik bagi wasit Prancis, Joel Quiniou, untuk memutuskan hasil akhirnya.

Meskipun memiliki kerugian karena kekurangan satu pemain, namun Uruguay berhasil mempertahankan gawangnya dengan skor imbang 0-0.

Jose Batista memegang rekor sebagai pemain yang paling cepat mendapat kartu merah. (AP Photo)

Batista sendiri, sama seperti pemain Uruguay lainnya, tidak memiliki reputasi sebagai tukang berkelahi. Namun sayangnya, gelar pemain yang paling cepat mendapat kartu merah, harus melekat padanya sepanjang sejarah.  

“Kini, saya bekerja di akademi sepak bola dan melatih tim amatir. Saya selalu mendengar mereka membicarakan saya: ‘Anda tahu siapa orang ini? Dia pernah diusir wasit’. Jika sudah begitu, saya segera mengeluarkan ponsel dan mengajarkan mereka cara menendang,” papar Batista dalam sebuah wawancara dengan FIFA.com di 2016.