10 Tahun 'Membisu', Kapal Korut dan Korsel Kembali Berkomunikasi

By Gregorius Bhisma Adinaya, Senin, 2 Juli 2018 | 10:23 WIB
Pertemuan bersejarah Kim Jong Un dan Moon Jae-in (Twitter/@ajplus)

Hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan semakin terlihat membaik. Berbagai peristiwa menjadi penanda meredanya ketegangan antara negara gingseng tersebut.

Masih teringat dengan jelas peristiwa lawatan Kim Jong-Un menemui Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In pada tanggal 27 April 2018. Langkah kaki pemimpin tertinggi Korea Utara saat menyebrangi batas demarkasi ini menjadi foto bersejarah. Bagaimana tidak, Kim Jong-Un adalah pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak tahun 1953.

Baca juga: Propaganda Teroris Meradikalisasi Perempuan, Bagaimana Prosesnya?

Sejarah baru pun dimulai, dua saudara yang terpisah lama ini kembali merajut persaudaraan.

Semangat perdamaian yang dimulai oleh kedua pemimpin negara tersebut mulai terlihat "menular" pada jajarannya. Salah satunya berasal dari pihak pertahanan kedua negara.

Kapal patroli Korea Utara menjawab kontak yang datang dari Kapal Angkatan Laut Korea Selatan melalui komunikasi radio pada pukul 9 pagi.

Kontak yang terjadi di laut barat ini berlangsung pada hari Minggu, 1/7/2018. Peristiwa ini memecah keheningan dalam saluran komunikasi maritin kedua negara.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan. Dikutip dari Reuters, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa peristiwa ini menormalkan saluran komunikasi maritim mereka untuk pertama kalinya dalam 10 tahun.

Baca juga: Karena Viral, Video Eksperimen Penculikan Anak Justru Menjadi Bencana