Jangan Diabaikan! Inilah 10 Gejala Bahwa Ginjal Anda Bermasalah

By National Geographic Indonesia, Kamis, 5 Juli 2018 | 10:08 WIB
Kesehatan ginjal perlu dijaga karena peran pentingnya bagi tubuh (Natali_Mis/Getty Images/iStockphoto)

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), 1 dari 10 dewasa atau lebih dari 20 juta orang mengalami gagal ginjal kronis. Ada sepuluh gejala ginjal bermasalah yang perlu segera Anda periksakan ke dokter, sebelum bertambah parah. 

Sebenarnya apa fungsi ginjal dalam tubuh?

Ginjal Anda adalah salah satu organ kecil dalam tubuh Anda, tapi memiliki tugas yang besar yaitu untuk menyaring racun-racun dalam tubuh Anda setiap hari. Kenyataannya, ginjal harus menyaring kurang lebih 20-150 liter darah untuk menghasilkan kurang lebih 1-2 liter urine (air kencing), yang terdiri dari bahan-bahan tidak berguna dan cairan berlebih.

Setiap ginjal memiliki sejuta penyaring kecil yang dikenal dengan nefron. Normalnya, setiap orang lahir dengan dua ginjal. Ginjal berbentuk seperti kacang merah dan terletak di kanan dan kiri di bawah tulang iga Anda.

Baca juga: Belum Dihuni, Bulan Sudah 'Dibebankan' 187.400 Kg Sampah Manusia

Berikut ini 10 gejala ginjal bermasalah yang tak boleh Anda abaikan.

1. Perubahan warna kencing

Ini merupakan gejala ginjal bermasalah yang utama. Jika Anda memiliki perubahan-perubahan berikut, lebih baik Anda segera memeriksakannya pada dokter Anda:

Baca juga: Benarkah Dua Lautan Bertemu Namun Tidak Menyatu di Teluk Alaska?

2. Bengkak berlebihan

Karena ginjal Anda bertanggung jawab untuk menyaring cairan dalam tubuh Anda, maka cairan-cairan yang tidak tersaring ini akan membuat tubuh Anda membengkak. Pembengkakan ini terutama terjadi pada tangan dan kaki Anda.

Di sisi lain, protein dalam urine merupakan pertanda jelas bahwa ginjal Anda dalam masalah dan tidak dapat menyaring dengan baik. Jika hal ini terjadi, penyaring-penyaring pada ginjal akan membiarkan protein masuk bercampur dengan urine.