Arkeolog Temukan Dapur Kuno Berusia 4500 Tahun Dekat Piramida Giza

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 5 Juli 2018 | 12:03 WIB
Rumah kuno yang ditemukan di dekat Piramida Giza. (Ancient Egypt Research Associates)

Para arkeolog di Mesir berhasil menemukan dua rumah kuno yang berkaitan dengan pembangunan piramida Giza yang terkenal.

Bangunan berusia 4500 tahun tersebut kemungkinan pernah digunakan oleh pejabat yang bertanggung jawab mengawasi produksi makanan untuk pasukan paramiliter.

Rumah kuno itu ditemukan di sebuah wilayah yang dulunya merupakan pelabuhan utama yang berkembang pesat ketika piramida Menkaure sedang dibangun di Giza. (Menkaure adalah raja yang memerintah dari sekitar 2490 SM sampai 2472 SM).

Baca juga: Karya Seni dari PD I Tunjukkan Kerinduan Tentara Rusia Pada Kekasihnya

Salah satu rumah mungkin digunakan pekerja dapur yang bertugas mengawasi ternak. Sementara yang lainnya, menjadi tempat tinggal pendeta dari sebuah institusi bernama ‘wadaat’.

Bukti-bukti di sekitar rumah pendeta menunjukkan bahwa ia mungkin mengawasi proses pembuatan bir dan roti pada masa itu.

Mark Lehner, director of Ancient Egypt Research Associates yang memimpin penggalian, mengatakan, di dekat kedua rumah itu, terdapat sebuah galeri yang bisa menampung seribu orang. Diduga, galeri itu menjadi tempat tinggal pasukan paramiliter Giza.

Semua makanan yang diproduksi dari dapur kuno, kemungkinan dikirim untuk pasukan paramiliter yang tinggal di galeri. Juga untuk mereka yang bekerja membangun piramida Menkaure.

Baca juga: Arkeolog Ungkap Rahasia Bagaimana Piramida Bisa Sangat Presisi

Jumlah makanan yang dimasak setiap harinya sangat besar. Claire Malleson, ahli arkeobotani di  Ancient Egypt Research Associates, memperkirakan, dibutuhkan 877,54 kilogram gandum per hari. Para petugas dapur harus memanggang gandum dan mengubahnya menjadi roti.

Selain gandum, diketahui bahwa mereka yang tinggal di galeri dan bekerja di piramida Menkaure juga membutuhkan banyak asupan daging.