Warna Sungai di Tiongkok Berubah Menjadi Merah, Apa Penyebabnya?

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 6 Juli 2018 | 11:07 WIB
Air di sungai Xiangbi berubah menjadi merah. (australscope via Yahoo7)

Warna salah satu sungai di Tiongkok berubah menjadi merah pada Jumat (29/6) lalu. Apakah itu fenomena alam atau ulah manusia?

Para penduduk di sekitar sungai Xiangbi, Sichuan, Tiongkok, pun meminta pihak berwenang untuk menyelidiki keanehan warna air tersebut. Apalagi, sungai Xiangbi juga mengalir ke Yangtze yang lebih luas.

“Jika aliran air berwarna merah itu sampai ke sungai Yangtze, konsekuensi tidak bisa dibayangkan,” kata salah satu warga dalam video yang dibagikan oleh Yahoo7 News.

Baca juga: Benarkah Dua Lautan Bertemu Namun Tidak Menyatu di Teluk Alaska?

Pemerintah Tiongkok mengatakan, meskipun tampak seperti tanda kiamat, namun penyebab peristiwa itu sangat sederhana. Para pekerja di pabrik Heshun Packaging Company tanpa sengaja menumpahkan cat ke sungai.

Mereka mengatakan, sungai Xiangbi sudah dibersihkan dan tidak lagi tercemar. Investigasi kepada perusahaan pengemasan tersebut masih terus berlanjut. Kemungkinan, pihak perusahaan harus membayar denda atas kelalaian mereka pada sungai Xiangbi.

 Cat itu sendiri berbasis air dan tidak beracun sama sekali.

Limbah air limbah pabrik telah "berdampak besar pada pencemaran sungai," kata juru kampanye racun Greenpeace Asia Timur, Deng Tingting, kepada Newsweek.

"Ketika tidak dirawat dengan baik, itu dapat menghancurkan ekosistem sungai yang rapuh, mencemari sumber air minum dan dapat membuat air terlalu tercemar untuk digunakan pertanian dan industri."

Baca juga: Pembantaian Paus Sirip yang Terancam Punah demi Tujuan Komersial

Selain Xiangbi, sungai Yangtze pun pernah mengalami hal serupa. Pada 2012, secara misterius, sungai tersebut berubah menjadi merah. Peneliti mengatakan kepada Nature bahwa warna itu mungkin disebabkan oleh sedimen yang mengalir di perairan, atau alga raksasa yang sedang mekar.

Sungai-sungai di Tiongkok memang diketahui sering mengalami fenomena aneh tersebut. Sebelum terjadi di Yangtze, sungai Jian yang mengaliri kota Luoyang juga berubah warna menjadi merah. CNN melaporkan, itu disebabkan oleh pewarna merah yang digunakan pada kantung plastik dan bungkus kembang api.

Tahun lalu, penyumbatan di dekat pipa pembuangan di rumah jagal mengubah hamparan sungai Jiangxi berwarna merah. Kejadian serupa juga berlangsung di sana, tiga tahun sebelumnya.