Setelah Pencarian Selama 10 Tahun, Buaya Raksasa Akhirnya Ditangkap

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 10 Juli 2018 | 10:33 WIB
Buaya air asin. (www.bbc.com)

Para jagawana di Australia Utara berhasil menangkap ‘monster’ buaya yang memiliki panjang 16 kaki, setelah perburuan selama satu dekade.

Petugas Northern Teritory Parks and Wildlife sudah mencari buaya ini di Katherine, kota kecil berjarak 200 mil dari selatan Darwin, Australia. Dan mereka akhirnya menemukannya di sungai Katherine, 37 mil dari pusat kota.

Selama bertahun-tahun, kehadiran buaya menjadi rumor di antara penduduk setempat yang sehari-hari melewati sungai dengan menggunakan perahu.

Baca juga: Penyakit Panama Menyebar, Pohon dan Buah Pisang Terancam Punah

Para jagawana lalu memasang perangkap di seluruh sungai setelah hasil survei udara menunjukkan ada tiga buaya di sana, pada Mei lalu.

John Burke, salah satu jagawana, mengatakan, itu adalah buaya terbesar yang pernah ditangkapnya.

“Kami pernah menangkap buaya dengan panjang 14 kaki, tapi tidak pernah sebesar ini,” kata Burke.

“Namun, meskipun ini yang terbesar di sungai Katherine, ada yang lebih raksasa lagi di luar sana – berasal dari sungai Daly. Dan walaupun ini musim kemarau, buaya tetap berkeliaran. Mereka selalu bergerak, tidak peduli bagaimana pun suhunya. Populasinya berkembang. Tetaplah waspada,” papar Burke.

Baca juga: Ingin Memburu Badak, Tiga Pria Justru Tewas Dimakan Singa

Sesama petugas, Chris Heydon, mengatakan bahwa mereka perlu membius buaya yang lebih besar, agar bisa mengecoh dan menangkapnya.

Heydon dan Burke memperkirakan, buaya yang baru ditangkap itu memiliki berat 1.300 pounds dan berusia 60 tahun.