Perjalanan Ide Teknologi Luar Angkasa, Dari Sumpit Hingga Sendok

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 11 Juli 2018 | 11:01 WIB
Pembahasan ide terkait teknologi luar angkasa. (gorodenkoff/Getty Images/iStockphoto)

Sendok sup asal Tiongkok menjadi salah satu ide teknologi. (doupix/Getty Images/iStockphoto)

Yung juga merujuk pada prinsip sendok sup Tiongkok berbahan keramik yang tahan panas dan mampu dioperasikan dengan baik ke dalam lubang yang dalam. Sendok ini diketahui berfungsi lebih baik untuk menciduk ke dalam mangkok nasi daripada sendok besi ala Barat.

Yung juga pernah mengembangkan kamera yang akan melengkapi robot dalam misi ke Bulan. Kamera ini harus memenuhi segala spesifikasi untuk dapat bertahan di bulan, mulai dari suhu ekstrem di ruang hampa udara hingga kekuatan besar sekaligus fleksibel untuk memperbaiki masalah ketika ada gangguan.

Baca juga: Perang Sepak Bola Antara Honduras dan El Salvador di Babak Kualifikasi Piala Dunia 1970

Dengan jarak 380.000 kilometer antara Bumi dan Bulan, Yung mengatakan hanya ada sedikit ruang kesalahan yang dimungkinkan. "Jika Anda melihat misi NASA, mereka kerap mendaratkan dua pendarat pada waktu yang sama. (Sebenarnya itu) hanya untuk meminimalkan risiko," ujar dia.

Yung menuturkan, pada tahun 1960, lebih dari sepertiga misi luar angkasa mengalami kegagalan. Tiongkok, kata dia, memiliki kemewahan dengan belajar dari kesalahan dua negara pelopor misi luar angkasa, Amerika dan Rusia.