Hal Sederhana dari Pantai yang Menjadikan Kita Tenang dan Bahagia

By Mar'atus Syarifah, Senin, 23 Juli 2018 | 10:56 WIB
Pantai dan laut termasuk destinasi wisata yang banyak disukai. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Pantai menjadi salah satu destinasi terfavorit bagi banyak orang saat liburan— terutama saat musim panas. Panorama yang indah serta keseruan yang didapat ketika bermain air sejenak mampu menghilangkan kepenatan setelah aktivitas harian yang padat dan melelahkan.

Menurut sebuah analisis yang dilakukan di Inggris, menghabiskan waktu di pantai mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang. Dalam penelitian lain, orang yang memiliki rumah dengan pemandangan laut merasa lebih tenang dan bahagia.

Menurut Richard Shuster, psikolog klinis dari The Daily Helping Podcast, terdapat beberapa faktor yang membuat orang-orang merasa bahagia ketika berada di pantai. Salah satunya adalah warna biru air laut.

Menurut penelitian terkait psikologi warna, warna biru dapat dikaitkan dengan dorongan kreativitas seseorang.

“Warna biru telah ditemukan oleh banyak orang untuk dikaitkan dengan perasaan tenang dan damai. Menatap samudera benar-benar mengubah frekuensi gelombang otak kita dan menempatkan kita ke dalam keadaan meditasi yang ringan,” ucap Shuster, dikutip dari laman NBC.

Baca Juga: Serigala Chernobyl Sebarkan Mutasi Genetik Akibat Radiasi Nuklir?

Suara deburan ombak ternyata juga menjadi faktor pembawa kebahagiaan. Hal ini terjadi karena deburan ombak mampu menstimulasi otak manusia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sally Nazari, dari Chrysalis Psychological Services, suara deburan ombak dan panorama pantai yang indah mampu mengaktifkan saraf parasimpatis yang berfungsi untuk membuat seseorang merasa santai.

Selain itu, semilir angin juga berkontribusi dalam membuat seseorang merasa tenang dan bahagia. Cara kerjanya berhubungan dengan ion negatif yang dihirup oleh seseorang. Ion negatif dapat digunakan sebagai terapi untuk mengobati gangguan afektif.

Satu lagi yang membuat pantai mampu menjadikan seseorang bahagia adalah pasirnya. Berjalan di atas pasir pantai tanpa alas kaki adalah hal sederhana yang mampu mengubah seseorang menjadi bahagia.

Baca Juga: Bukan Hanya Kedinginan, 8 Hal Ini Menjadi Penyebab Seseorang Menggigil

"Sensasi fisik yang didapatkan ketika seseorang berjalan di pasir yang hangat menyebabkan seseorang bersantai," kata Shuster.

Jadi, hal-hal sederhana yang terdapat di pantai ternyata tidak disadari memiliki manfaat yang luar biasa. Disarankan oleh Shuster, ketika seseorang pergi ke pantai, lebik baik untuk menajamkan seluruh indranya.

“rasakan bagaimana hangatnya sinar matahari menyentuh kulit anda, bagaimana pasir pantai menggelitik kaki anda, bernapaslah dalam-dalam dan nikmatilah aroma udara laut selagi anda disana,” ucap Shuster.