Tak Perlu Diminum, Menghirup Aroma Kopi Juga Bisa Mempertajam Otak

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 23 Juli 2018 | 11:02 WIB
Menghirup aroma kopi juga bisa mempertajam otak Anda. (Thinkstock)

Tahukah Anda bahwa menghirup aroma kopi pun sudah bisa menyemangati diri di pagi hari? Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa wangi kopi dapat mempertajam otak Anda pada situasi tertentu.

Lebih spesifik, para peneliti membagi 114 murid ke dalam dua kelompok untuk menjawab pertanyaan matematika dari Graduate Management Admission Test (GMAT). Hasilnya menyatakan bahwa salah satu kelompok yang terpapar aroma kopi saat mengerjakan tes, nilainya lebih tinggi.

Selain itu, murid-murid yang mencium bau kopi tersebut merasa bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

Baca juga: Bukan Hanya Kedinginan, 8 Hal Ini Menjadi Penyebab Seseorang Menggigil

Menurut peneliti, ini berkaitan dengan ‘efek plasebo’, yaitu kondisi di mana seseorang mengharapkan peningkatan performa dan akhirnya mengarahkan mereka ke hasil yang lebih baik.

“Bukan hanya aroma kopi saja yang membantu anak-anak ini mengerjakan tugas analisis dengan baik. Mereka juga berpikir bisa menjawab tes dengan baik dan ini memengaruhi kinerjanya,” kata Adriana Madzharov, pemimpin penelitian dari Stevens School of Business.

Aroma kopi yang digunakan pada eksperimen pertama tersebut bebas dari kafein dan stimulan lainnya. Efeknya dirasakan oleh 70,4% partisipan yang terpapar wanginya.

Survei lanjutan pada 208 individu yang tidak terlibat pada eksperimen pertama, menemukan fakta bahwa aroma kopi membuat mereka menjadi lebih fokus dan energik. Ini lebih ampuh dibanding wangi bunga atau tidak ada aroma sama sekali.

Meskipun termasuk studi kecil, namun hasilnya membantu peneliti memahami bagaimana aroma memengaruhi pikiran. Mereka juga ingin mengembangkan studi untuk menguji apakah aroma kopi bisa membuat seseorang terjaga lebih lama.

Mengonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi beberapa orang, dan ini membuat peneliti terus mempelajarinya. Kopi diketahui bisa mengacaukan ritme sirkadian Anda dan meningkatkan risiko kanker. Namun, di sisi lain, kopi juga bagus bagi kesehatan jantung dan membuat panjang umur.

Baca juga: Peneliti: Makan Malam Lebih Awal Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Dengan adanya penelitian terbaru ini, kita tahu bahwa aroma kopi saja bahkan bisa meningkatkan kewaspadaan di otak. Para peneliti berspekulasi, hasil studi ini dapat berguna bagi mereka yang mendesain ruang publik atau pemimpin yang membawahi beberapa orang.

“Penciuman adalah salah satu indera yang paling kuat. Para pemimpin perusahaan, arsitek, maupun manajer ritel, dapat menggunakan aroma kopi untuk meningkatkan kinerja karyawannya,” kata Madzharov.

Penelitian ini dipublikasikan pada Journal of Enviromental Psychology.