Solusi Membersihkan Tinja Manusia yang Membanjiri Gunung Everest

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 9 Agustus 2018 | 16:27 WIB
Para pendaki Everest dengan sampah-sampah mereka. (Damian Benegas/AFP)

Nationalgeographic.co.id - Setiap tahunnya, sekitar 1.200 orang berhasil mencapai puncak gunung Everest selama masa pendakian yang dimulai pada bulan Mei.

Namun, dalam dua bulan masa pendakian tersebut, para pengunjung gunung Everest memproduksi sekitar 27 kilogram tinja. Musim ini, portir yang bekerja di gunung tertinggi di dunia itu, bahkan membawa turun sekitar 12.700 kilogram kotoran manusia dari base camp dan lokasi lainnya.

Jika tidak ditangani dengan baik, feses beku ini akan selamanya membanjiri gunung Everest.

Baca juga: Kehidupan ‘Beracun’ di Lokasi Daur Ulang Puing-puing Roket di Rusia

Masalah ini mengusik pikiran Garry Porter, pensiunan insinyur yang pernah mendaki Everest pada 2003.

“Everest adalah impian bagi para pendaki. Anda datang ke sana, terkesima dengan pemandangan alamnya, namun kegembiraan itu hilang setelah melihat kekacauan yang disebabkan manusia,” papar Porter.

“Sepertinya Everest berhak mendapatkan yang lebih baik dari itu. Saya merasa bertanggung jawab karena pernah mendakinya dan berkontribusi pada kekacauan tinja di sana,” tambahnya.

Porter memiliki solusi untuk membersihkan kotoran manusia di Everest. Dan menurutnya, cara ini cukup simpel. Yakni, dengan menggunakan digester biogas yang mampu mengubah feses pendaki menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Alat Porter ini tidak jauh berbeda dari yang dijual di internet: sebuah tangki besar yang dapat menampung air, kotoran manusia, serta bakteri anaerob. Ia dapat memproduksi pupuk dan gas metana yang nantinya digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak makanan rumahan.

Namun, masalahnya, alat ini akan digunakan di gunung. Bakteri tidak akan dengan mudah bekerja di suhu rendah. Dan di banyak wilayah di Everest, pembekuan feses terjadi sepanjang tahun.

Lalu, bagaimana digester yang ingin dibuat Porter ini bisa menjaga suhu tetap optimal hanya dengan menggunakan bahan sederhana yang diperoleh secara lokal?

Perangkat tersebut merupakan persilangan antara fasilitas pengolahan limbah dengan termos raksasa. Digester akan dikubur di dalam tanah dan sekelilingnya disekat.