Kuda Laut Warna-Warni Asal Jepang yang Terlihat Seperti Butiran Beras

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 13 Agustus 2018 | 11:19 WIB
Japan pig yang memiliki tubuh berwarna-warni. (Richard Smith/National Geographic)

Nationalgeographic.co.id - Mari berkenalan dengan Japan pig, spesies kuda laut kerdil terbaru yang ditemukan di Jepang.

Hanya berukuran mini – terlihat seperti kumpulan butir beras – hewan warna-warni ini menghuni perairan dangkal dan berbaur dengan batuan yang tertutup ganggang.

Mereka mudah ditemukan karena terlihat seperti rumput laut yang sedang mengambang.

Kevin Conway, profesor dan kurator ikan di A&M University, mengatakan, warna yang dimiliki kuda laut tersebut sangat spesial. “Mereka seperti mengenakan pakaian dengan pola paisley,” ujarnya.

Baca juga: Menyedihkan, Seekor Gajah Ditemukan Mati dengan Belalai Terbakar

Para ilmuwan memberikan nama untuknya Hippocampus japapigu – bahasa Latin dari Japan pig. Nama “babi Jepang” sendiri diberikan oleh para penyelam yang pernah melihatnya di tenggara Jepang.

Menurut Graham Short, ahli ikan dari California Academy of Sciences, kuda laut bisa mendapat julukan tersebut, karena bagi penduduk setempat, ia menyerupai bayi babi kecil.

Spesies unik

Meskipun kuda laut ini telah diamati penyelam selama bertahun-tahun, namun setelah diteliti lebih lanjut, Short dan rekannya menyadari bahwa mereka belum pernah mendeskripsikan spesies ini. Hippocampus japapigu termasuk hewan laut yang unik.

Spesies baru tersebut memiliki beberapa perbedaan dari sepupu-sepupu kuda lautnya. Salah satunya, memiliki punggung yang aneh di bagian atasnya.

Fungsi punggung tersebut masih belum diketahui, meskipun peneliti menduga itu adalah hasil evolusi untuk menarik lawan jenisnya – sebuah proses seleksi seksual.

Selain ditemukan di tenggara Jepang, Japan pig juga tinggal di dekat pulau Hachijo-jima, area pedalaman 150 mil dari Tokyo.