Aplikasi dari NASA yang Membuat Anda Seperti Swafoto di Luar Angkasa

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 23 Agustus 2018 | 10:29 WIB
Salah satu contoh swafoto yang diambil menggunakan aplikasi NASA Selfies. (Twitter @NASAspitzer)

Nationalgeographic.co.id - Kebanyakan dari kita mungkin tidak akan pernah bisa mengunjungi luar angkasa. Namun, dengan aplikasi dari NASA ini, kita bisa melakukan selfie dengan latar belakang pemandangan galaksi Bima Sakti yang spektakuler.

Untuk merayakan 15 tahun setelah peluncuran teleskop luar angkasa Spitzer, NASA merilis aplikasi NASA Selfies untuk para pengguna iOS dan Android.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Es di Permukaan Bulan yang Dapat Menunjang Kehidupan

Cara menggunakannya sangat simpel. Anda dapat memotret wajah sendiri (atau orang lain) pada pusat bingkai yang  tersedia, menggunakan kamera depan atau belakang, dan kemudian secara otomatis terlihat mengenakan helm dan jas astronaut.

Selanjutnya, Anda dapat memilih latar belakang foto dari pemandangan luar angkasa yang pernah ditangkap teleskop Spitzer selama 15 tahun terakhir.

Anda bisa menyimpan hasil swafoto-nya di ponsel. Jika ingin membagikan foto di akun media sosial, sertakan tagar #NASASelfie.

Baca juga: Peneliti: ‘Dunia Penuh Air’ Akan Ditemukan di Sepanjang Galaksi

Perlu diingat bahwa foto yang dihasilkan nantinya dalam posisi landscape. Artinya, jika Anda mengambil gambar dalam posisi portrait, itu tidak akan pas dengan kostum astronaut yang tersedia dalam aplikasi.

Selain aplikasi tersebut, NASA juga merilis virtual reality yang akan membawa Anda seperti mengunjungi eksoplanet di sistem TRAPPIST-1. Realitas virtual tersebut tersedia di Oculus dan Vive melalui Youtube 360.