Menyedihkan, 300 Ekor Penyu Mati Membusuk Karena Terjerat Jaring

By Mar'atus Syarifah, Kamis, 30 Agustus 2018 | 17:13 WIB
Bangkai penyu lekang yang telah dipindahkan ke pantai di Meksiko (twitter.com/PROFEPA)

Nationalgegraphic.co.id - Kabar menyedihkan kembali datang dari dunia hewan laut. Lebih dari 300 ekor penyu ditemukan mati karena terjerat jaring ikan ilegal di lepas pantai Meksiko.

Dilansir dari laman Fox News, Mexico’s Federal Attorney for Environmental Protection (PROFEPA) memberikan pernyataannya bahwa penyu berjenis olive ridley ini ditemukan dalam keadaan membusuk di lepas pantai Oaxaca.

Baca Juga: Satu Kali Matahari Bersin, Maka Satu Kota di Bumi pun Akan Mati

Menanggapi laporan dari penduduk setempat, PROFEPA bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelidiki kematian penyu yang juga dikenal dengan nama penyu lekang ini.

Menurut PROFEPA, penyu tersebut terjerat dan mati di jaring ilegal ini selama delapan hari. Menurut kantor jaksa federal, jaring tersebut digunakan untuk memancing di tepi sungai.

Setelah berhasil membawa penyu ke darat, petugas setempat dengan segera melakukan penguburan.

Tidak berhenti sampai di situ, PROFEPA akan bekerja sama dengan Mexico’s National Commission of Aquaculture and Fishing (CONAPESCA) untuk melakukan sosialisasi kepada nelayan setempat mengenai risiko jaring ilegal di laut lepas.

Insiden tersebut bukanlah yang pertama kalinya terjadi di Meksiko. Sebelumnya, 100 ekor penyu ditemukan mati di Chiapas. Bangkai penyu tersebut diketahui muncul di tempat perlindungan satwa liar di pantai pasifik.

Baca Juga: Lubang Hitam, Objek Luar Angkasa yang Menelan Apa pun di Sekitarnya

Selain itu, 102 penyu olive ridley, enam penyu sisik, dan lima penyu hijau Galapagos juga ditemukan tewas di suaka Playas de Puerto Arista antara tanggal 24 Juli hingga 13 Agustus tahun ini.

Pihak berwenang telah menguji kadar air dan melakukan otopsi untuk menentukan kemungkinan penyebab kematian. Mereka menduga asfiksia (kekurangan udara), kail pancing, atau alga menjadi faktor yang mungkin telah membunuh penyu-penyu malang ini.