Hewan Laut yang Terjerat Sampah Plastik Kembali Tertangkap Kamera

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 31 Agustus 2018 | 10:58 WIB
Ikan ini tewas setelah terjebak dalam sarung tangan plastik. (Roger Millan via New York Post)

Nationalgeographic.co.id – Hewan laut yang terjerat sampah plastik, kembali tertangkap kamera. Foto terbaru yang beredar di internet menunjukkan bagaimana seekor ikan terjebak di dalam sarung tangan plastik yang membanjiri habitatnya.

Bukti bahaya sampah plastik bagi hewan laut ini diabadikan oleh Roger Millan, instruktur scuba, saat sedang menyelam di dekat Costa Brava, Spanyol.

Baca juga: Limbah Plastik di Laut Menjadi Tempat Berkembangnya Spesies Invasif

Roger mengatakan, pesisir pantai sering dibersihkan secara berkala sehingga tanda-tanda pencemaran tidak begitu terlihat dari luar.

“Namun, jika memperhatikan dengan saksama, Anda pasti menemukan potongan-potongan kecil plastik dan cotton bud,” kata Roger.

“Saya pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. Ada gurita yang menempel di botol plastik, dibanding bebatuan. Beberapa ikan juga terjerat jaring, tapi saya sempat menyelamatkan mereka,” tambahnya.

Sampah plastik mengapung di lautan (Magnus Larsson/Getty Images/iStockphoto)

Namun sayangnya, ikan Flathead Grey Mullet kecil yang terjebak di sarung tangan plastik ini, tidak bisa diselamatkan dan mati begitu saja.

Baca juga: Siti, Hiu Paus yang Mengawali Tugas Penting Hiu di Perairan Indonesia

“Ini sangat mengecewakan. Pekerjaan saya bertujuan untuk menunjukkan keindahan bawah laut, namun yang terlihat justru sebaliknya. Meski begitu, akhirnya banyak orang lebih sadar tentang bahaya sampah plastik di laut.

“Saya rasa, pemerintah perlu menerapkan undang-undang yang lebih ketat untuk mencegah pencemaran dengan melarang penggunaan plastik sekali pakai. Edukasi masyarakat juga sangat penting. Banyak orang tidak mengetahui bahaya hal ini,” papar Roger.

Data menunjukkan bahwa 12 juta ton sampah plastik berakhir di laut dunia setiap tahunnya.