Ilmuwan Temukan Bukti yang Bisa Membuat Pluto Menjadi Planet Lagi

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 10 September 2018 | 12:10 WIB
Sejak 2006, Pluto tidak dikategorikan sebagai planet. (dottedhippo/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Dua belas tahun lalu, Pluto kehilangan status planetnya. Dan sejak saat itu, perdebatan tentang keputusan tersebut terus berlanjut.

Sekarang, sekelompok peneliti mengatakan bahwa pencabutan status planet dari Pluto adalah hal yang tidak valid. Mereka meminta agar Pluto dikategorikan sebagai planet lagi.

Pluto secara resmi dideklasifikasi sebagai planet oleh International Astronomical Union pada Agustus 2016 lalu. Ini dilakukan setelah sekelompok astronom memperbarui persyaratan planet, menambahkan kriteria ketiga, yang tidak dimiliki Pluto.

Baca juga: Angin Galaksi Pengontrol Kelahiran Bintang Terdeteksi di Alam Semesta

Kala itu, definisi planet meliputi:

“Objek angkasa yang (a) mengorbit Matahari, (b) memiliki massa yang cukup untuk gravitasinya sendiri sehingga memiliki bentuk bulat, dan (c) tidak ada benda langit lain di sekitar orbitnya.”

Yang dimaksud dari kriteria ketiga adalah: objek harus menjadi yang paling dominan di jalur orbitnya dan memiliki massa cukup untuk merekrut atau menabrak batuan angkasa lain di wilayah sekitarnya.

Meski Pluto berhasil memenuhi syarat pertama dan kedua untuk menjadi planet, namun orbitnya tidak cukup kosong karena berbagi dengan benda-benda langit di sabuk Kuiper.

Perdebatan baru

Kini, sebuah studi terbaru mengklaim bahwa kriteria ketiga tersebut tidak didukung oleh literatur ilmiah.

Setelah meninjau penelitian dari 200 tahun ke belakang, sekelompok peneliti di University of Central Florida, hanya menemukan satu publikasi yang menggunakan syarat ‘orbit kosong’ untuk mengklasifikasikan planet.

Oleh sebab itu, menurut mereka, penurunan status Pluto menjadi planet kerdil, didasari pada alasan yang tidak benar.