Dikenal Penyendiri, Laba-Laba Ternyata Lebih Berani Bila Berkelompok

By Nesa Alicia, Rabu, 12 September 2018 | 15:04 WIB
Keberanian Laba-Laba Meningkat Bila Berkelompok (Amy_Lv)

Nationalgeographic.co.id - Pernahkah Anda melihat laba-laba bergerombol? Kalaupun pernah, seberapa sering Anda melihatnya? Bila tidak pernah melihat atau hanya melihat satu - dua kali, hal tersebut bukanlah hal yang aneh. Laba-laba memang makhluk penyendiri dan dianggap sebagai makhluk yang tidak bisa bersosialisasi.

Namun, baru-baru ini para ilmuwan menemukan sebuah fakta baru mengenai perilaku laba-laba. Ilmuwan mengungkap adanya kepribadian yang berubah-ubah dari seekor laba-laba. Salah satunya adalah bahwa makhluk penyendiri ini semakin berani bila berkumpul dengan kelompoknya.

Baca Juga : PBB : Tingkat Kelaparan Meningkat Selama Tiga Tahun Terakhir

"Kebanyakan model matematika atau komputasi perilaku hewan kolektif berasumsi bahwa semua individu memiliki sifat dan mengikuti aturan interaksi yang sama," ungkap Edmund Hunt, salah satu peneliti, dikutip dari Newsweek pada Senin (10/9/2018).

Untuk menjawab pertanyaan itu, Hunt dan timnya mengumpulkan laba-laba "sosial" dari pohon-pohon di tepi jalan Afrika Selatan dan mempelajari perilaku mereka selama enam setengah minggu.

Temuan ini kemudian diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B:Biological Sciences.Para peneliti mengukur keberanian makhluk secara teratur dengan menyimulasikan keadaan di mana seekor burung datang untuk memangsa mereka. Peneliti menirukan pergerakan udara akibat pergerakan seekor burung.

Menanggapi pergerakan udara ini, laba-laba tersebut seketika diam dan tidak bergerak. Respons ini menggambarkan bagaimana seekor laba-laba ketakutan ketika predator datang menghampiri mereka.

Baca Juga : Apa yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Sering Menahan Buang Angin?

Peneliti kemudian membandingkan tiga kelompok penelitian (kelompok pemalu, kelompok pemberani, dan campuran). Lebih dari enam minggu, tim menguji keberanian laba-laba dan memetakan interaksi mereka satu sama lain.

Temuan menarik pun muncul. Peneliti menemukan bahwa laba-laba memunculkan perilaku dalam interaksi sosial untuk meningkatkan keberanian mereka. Hal ini semakin terlihat pada laba-laba penakut yang menjadi berani ketika berdekatan dengan laba-laba pemberani.