Sebuah Kendi Berisi Koin Emas Ditemukan di Gedung Teater Terbengkalai

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 12 September 2018 | 12:19 WIB
Koin emas peninggalan Romawi yang ditemukan di Italia. (Italian Ministry of Culture)

Nationalgeographic.co.id – Sebuah kendi penuh dengan koin emas ditemukan di lantai dasar gedung teater terbengkalai di Italia.

Selama masa penggalian yang dilakukan minggu lalu, para arkeolog menemukan semacam guci batu di bawah Cressoni Theatre, di Como, Italia Utara.

Meski bentuk dan desainnya kuno, namun kendi ini langsung menarik perhatian banyak orang. Kilauan emas menyembul dari bagian kendi yang telah rusak.

Diperkirakan, ada 300 koin emas peninggalan era Kekaisaran Romawi, abad ke-5, di dalam wadah tersebut.

Baca Juga : Kuburan Massal Penguin di Antartika Ini Ungkap Bahaya Perubahan Iklim

Terlepas dari umurnya yang sudah sangat tua, koin-koin itu masih dalam keadaan baik. Bahkan, semua gambar dan ukirannya terlihat dengan mudah.

Di sana, terdapat beberapa ukiran yang menunjukkan bahwa koin dibuat selama lima masa kepemimpinan kaisar yang berbeda: Honorius, Valentinian III, Leon I, Antonio, dan Libio Severo.

 “Kami belum tahu secara rinci makna historis dan budaya dari temuan ini,” kata Alberto Bonisoli, Menteri Kebudayaan Italia.

“Yang pasti, area tersebut terbukti menyimpan sumber harta karun bagi dunia arkeologi kita. Sebuah penemuan yang membuat saya bangga,” tuturnya.

Kendi beserta tumpukan emas akan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut. Mungkin prosesnya memakan waktu cukup lama, mengingat mereka saling menempel dan perlu ketelitian untuk melepaskannya satu per satu.

Sejauh ini, para sejarawan baru berhasil memisahkan 27 koin.

(Italian Ministry of Culture via Science Alert)