Populasi Penyu Terus Berkurang, Kepunahan pun Membayangi Mereka

By Loretta Novelia Putri, Jumat, 14 September 2018 | 16:31 WIB
Lebih dari 60 persen spesies penyu terancam punah. (Colin_Davis/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Saat ini populasi penyu terus mengalami penurunan. Bahkan kepunahan penyu pun semakin terangkat ke permukaan. Tidak hanya itu, menurunnya jumlah penyu juga dipercaya membawa dampak terhadap lingkungan.

Tidak tinggal diam, para ilmuan yang berasal dari Universitas Georgia, Survei Geologi AS, Universitas California Davis, dan Institut Konservasi Akuarium Tennesseese mempelajari penyebab turunnya jumlah populasi penyu.

"Tujuan studi kami adalah untuk memberi informasi ke publik tentang banyaknya peran ekologi dari penyu dalam skala global. Juga keadaan buruk yang menimpa mereka," ucap Whit Gibbons, profesor emeritus dari Universitas Georgia seperti yang dijelaskan di Newsweek.

Baca Juga : Mewabah di Tiongkok, Kini Bali Waspadai Penyebaran Virus ASF

Lebih lanjut Gibbons dan tim mengungkapkan bahwa populasi spesies penyu selama lebih dari 200 juta tahun terus mengalami penurunan karena berbagai macam hal, seperti pemanfaatan penyu sebagai hewan peliharaan, makanan, rusaknya habitat penyu, bahkan perubahan iklim.

Bila hal ini terus terjadi, bukan tidak mungkin bila dalam beberapa tahun ke depan spesies penyu akan benar-benar punah.

Perubahan iklim dinilai oleh para peneliti sebagai penyebab utama dari permasalahan ini. Sebanyak 365 spesies penyu bergantung pada suhu lingkungan dalam pembentukan jenis kelamin. Iklim yang terganggu saat ini membuat penyu lahir dan tumbuh dalam perbandingan jenis kelamin yang tidak berimbang. Dengan demikian, proses perwakinan dan regenerasi penyu dapat terganggu.

Gibbons menjelaskan hewan yang paling terancam punah pada saat ini adalah penyu, lebih parah dari ikan, amfibi, mamalia, dan burung. Sebanyak 61 persen spesies penyu terancam punah.

Penyu berperan penting dalam mengatur sturuktur habitat mereka. Selain itu, penyu dan telurnya juga dapat menjadi sumber makanan bagi banyak spesies bahkan mereka bisa membantu penyebaran berbagai benih tanaman.

Baca Juga : Pengganti Kopi, 4 Minuman Ini Tidak Kalah Enak dan Menyehatkan

"Penyu berkontribusi pada kesehatan berbagai lingkungan, termasuk gurun, lahan basah, air tawar, dan ekosistem laut. Berkurangnya populasi mereka akan menimbulkan efek negatif bagi spesies lain, termasuk manusia. Mungkin sekarang efek itu belum terlihat," ucap Jeffrey Lovich

"Mari luangkan waktu untuk memahami penyu, sejarah alam mereka, dan peranan besar yang telah mereka sumbangkan untuk lingkungan. Atau fenomena ini akan terus terjadi hingga kita tak lagi melihat mereka,” ucap Ilmuan UC Davis, Micjey Agha.