Las Soldaderas, Perempuan-perempuan Perkasa di Balik Revolusi Meksiko

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 17 September 2018 | 18:51 WIB
Para pejuang wanita berlatih menembak untuk bertempur dalam Revolusi Meksiko. (Library of Congress/Getty Images via History.com)

Nationalgeographic.co.id – Revolusi Meksiko berawal dari perjuangan rakyatnya untuk mendapatkan kebebasan sipil dan hak-hak tanah. Pergerakan ini akhirnya menggulingkan pemerintahan diktator Porfirio Diaz dan memulai era baru bagi Meksiko.

Perang yang berlangsung pada 1910 ini juga merupakan salah satu revolusi sosial di mana para perempuan didorong untuk bertempur. Konflik ini menawarkan momen untuk mematahkan peran tradisional mereka.

“Perempuan menganggapnya sebagai cara untuk keluar dari situasi represif,” ujar William Beezley, profesor sejarah di University of Arizona.

Ia menambahkan, para perempuan Meksiko mencari kesempatan hidup yang lebih baik. Mereka bisa ambil bagian dalam perang karena sistemnya tidak terstruktur. Pada masa itu, semakin baik struktur tentara, maka semakin rendah pula peran wanita dalam perang.

Baca Juga : Club 27, Musisi-musisi Terkenal Dunia yang Mati Muda di Usia 27 Tahun

Soldaderas, pejuang wanita di balik Revolusi Meksiko, mengambil beberapa peran tradisional seperti perawat dan istri, lalu sisanya ikut dalam pertempuran.

“Para wanita biasanya ikut suaminya ke medan perang. Soldaderas mendukung para pria dengan memasak dan menemani jaga malam di sekitar api unggun. Mereka adalah kekasih sekaligus perawat,” kata Gilbert Joseph, profesor sejarah di Yale University.

Meski begitu, soldaderas yang paling dikenal adalah pejuang revolusioner yang mengenakan rok panjang, topi jerami besar dan sabuk antipeluru – menunjukkan keberanian yang sama dengan para pria.

Pablo Piccato, profesor sejarah Amerika Latin dari Columbia University, memaparkan, banyak juga soldaderas yang menggunakan pakaian dan nama laki-laki. Hal itu dilakukan mereka untuk melindungi diri dari kekerasan seksual serta pejabat tinggi yang membenci pejuang wanita.

Berpura-pura sebagai pria

Dua soldaderas yang menggunakan identitas pria adalah Angela Jimenez (Angel) dan Petra Herrera (Pedro), Namun, mereka mengambil kembali identitas perempuannya setelah perang berakhir. Sementara itu, Amelio Robles (yang lahir dengan nama Amelia), melanjutkan hidupnya sebagai pria sampai kematiannya.

Jimenez, yang identitas aslinya diketahui oleh para laki-laki di sekitarnya, membangun reputasi dengan mengancam siapa pun yang mencoba menggodanya.