Fenomena Gaya Bahasa Anak Jaksel, Apakah Mengancam Bahasa Indonesia?

By Loretta Novelia Putri, Jumat, 21 September 2018 | 11:22 WIB
(jacoblund/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Pembahasan mengenai gaya bahasa "Anak Jakarta Selatan" tengah marak terjadi di berbagai media sosial dengan tagar #anakjaksel. Penggunaannya pun juga semakin sering terdengar, terutama oleh para remaja.

Berdasarkan penelusuran National Geographic Indonesia, gaya bahasa Jaksel ini sebenarnya penggunaan bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa Inggris. Tidak heran bila kemudian banyak orang menyebut gaya ini sebagai bahasa gado-gado.

Dikutip dari Kompas.com pada Jumat (21/9/2018), situs Spredfast mencatat ada lebih dari 52.000 cuitan mengenai "anak Jaksel" ataupun cuitan dengan tagar #anakjaksel di Twitter dalam 2 minggu pertama di bulan September.

Baca Juga : Hilangkan Kursi di Kantin, Cara Unik Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Akun @cantbeyourlast contohnya, ia mengunggah cuitan dengan gaya bahasa Jaksel ini.

Menurut Bernadette Kushartanti, pakar linguistik Universitas Indonesia, fenomena bahasa ini merupakan sebuah risiko dari adanya kontak bahasa.

"Hal ini tidak bisa dihindari karena memang ada interaksi setiap bahasa. Ada bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Korea, bahasa gaul, dan macam-macam bahasa lain yang membuat perkembangan bahasa seperti ini tidak bisa dihindari," ungkap Bernadette , seperti dikutip dari BBC News Indonesia pada Jumat (21/9/2018)

Lebih lanjut, Bernadette menambahkan bahwa hal ini bukannya sebuah ancaman yang mengkhawatirkan.

"Di satu sisi kita membutuhkan cara untuk tetap mengungkapkan bahasa dengan benar, tapi di sisi lain, bahasa juga punya fungsi. Kalau terlalu formal maka pada situasi tertentu kita akan menjadi terasing," tambah Bernadette.

Baca Juga : Mikroplastik Bisa Masuk ke Rantai Makanan Manusia Melalui Nyamuk

Menyikapi fenomena bahasa ini, maka seorang guru juga memiliki tugas dalam menjelaskan bahwa anak muda perlu memiliki kemampuan membedakan konteks pemakaian konteks bahasa. Ada situasi ketika seseorang harus menggunakan bahasa yang baku, dan ada situasi ketika seseorang bisa menggunakan bahasa "gado-gado".

"Pendidikan tentang bahasa juga harus membicarakan soal kesantunan, cara menyampaikan pendapat, yang runut dan sebagainya. Itu adalah tugas pendidik untuk mengarahkan agar anak-anak muda tetap punya pengetahuan bahasa dengan struktur yang rapi. Dalam keadaan informal kalau terlalu formal aneh juga kan. kita pakai bahasa gaul biar akrab, bahasa ini sebetulnya yang mengkrabkan kita," ucap pakar bergelar Doktor tersebut.