Sering Olahraga Lari di Luar Ruangan? Ini yang Perlu Diperhatikan

By Loretta Novelia Putri, Kamis, 27 September 2018 | 14:55 WIB
perawatan yang perlu diperhatikan oleh pelari agar terhindar dari masalah kulit (g-stockstudio)

Nationalgeographic.co.id - Melakukan aktivitas di tempat terbuka, membuat kita berkutat dengan cuaca lembap dan panas, juga terpapar sinar ultraviolet hingga tubuh penuh dengan keringat. Lama-lama itu bisa menyumbat pori-pori wajah dan memunculkan jerawat.

Risiko muncul bintik hitam, kerutan dan garis halus pun semakin meningkat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui perawatan wajah yang dibutuhkan jika sering melakukan olahraga lari di luar ruangan.

Baca Juga : Aktif Menggunakan Media Sosial, Gangguan Tidur Mengintai Remaja

Membersihkan wajah sebelum lari

Saat berlari, tentu saja kita akan memproduksi banyak keringat. Penting untuk memastikan pori-pori kulit wajah dalam kondisi yang bersih. Pastikan tidak ada kotoran yang terjebak bersama keringat sehingga tidak memicu munculnya jerawat. Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan wajah sebelum lari. 

Gunakan serum

Untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan terhidrasi, pelari sebaiknya menggunakan produk yang lebih ringan dibanding krim, losion atau balm.

Pilihlah produk perawatan seperti serum karena cepat diserap oleh kulit. Walaupun perlindungannya tidak sebaik pelembap, namun serum mampu melindungi kulit dari racun dan bakteri di luar ruangan. 

Lindungi wajah dengan SPF

Seringkali kita dianjurkan untuk menggunakan pelembap dan tabir surya (SPF) yang ada dalam satu produk. Namun sebaiknya, pelari disarankan menggunakan dua produk spesifik dengan fungsi yang terpisah.

Bila sudah menggunakan serum, maka lapisan berikutnya hanya perlu menambah tabir surya yang ramah dengan aktivitas olahraga. Sebab, paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan munculnya bintik hitam, kerutan, garis halus dan memicu kanker. 

Baca Juga : Seluruh Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan Pelayanan Prima