Sekolah Tari Tradisional Cirebon dan Upaya Pelestarian Budaya

By Warsono, Senin, 24 September 2018 | 10:23 WIB
Inu Kertapati memandu Tari Topeng Kelana saat acara menari bersama di Keraton Kasepuhan Cirebon. (Warsono)

Nationalgeographic.co.id - Gisca (5) berlari bersama teman-temannya sambil mengenakan kaos gombroh lengkap dengan kain yang juga nampak kebesaran. Meski begitu, wajah ceria selalu terpancar dari anak kecil yang gemar menari ini.

Hari itu, Gisca dan teman-teman seusianya berkumpul di pelataran Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, untuk berlatih tari tradisional Cirebon. Mereka terlihat senang menggoyangkan tubuhnya sambil memegang dan mengibaskan selendang yang mereka kenakan.

"Saya melihat pengumuman pendaftaran di Instagram dua minggu lalu," ucap Tomi, ayah dari Gisca. Melihat adanya wadah bagi ketertarikan sang putri, Tomi dengan tidak ragu mendaftarkan anaknya untuk turut serta.

Baca Juga : Pameran Kain Ulos, Salah Satu Produk Peradaban Tertua di Asia

"Gisca senang menari, di rumah sering menari mengikuti gaya Kpop.  Itung-itung sambil ikut melestarikan tarian tradisonal," ungkap Tomi lebih lanjut.

Gisca tidak sendiri ketika berlatih tari tradisional setiap hari Sabtu, ia dan 259 anak lain memiliki semangat yang sama.

Sekolah tari tradisional ini dibuka sebagai wujud kepedulian PT Pertamina Internasional EP terhadap keberlangsungan seni tari tradisional Cirebon. Melalui program Pertamina Budaya ini, Pertamina bekerja sama dengan Keraton Kasepuhan serta Yayasan Belantara Budaya Indonesia, yang akan menjadi pengajar dari sekolah tari tersebut.

Gisca (kanan) bersiap menari bersama kawan-kawannya. (Warsono)

Presiden Direktur PIEP, Denie S. Tampubolon mengatakan bahwa Cirebon merupakan kota sejarah yang banyak menyimpan kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan bersama-sama.

Melalui Program Pertamina Budaya, Denie berharap agar kelestarian budaya Indonesia dapat selalu terjaga. Khususnya seni tari topeng Cirebon yang sudah melegenda dan diwariskan turun-temurun sejak masa Kesultanan Cirebon era Sunan Gunung Jati.

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Empat Tipe Kepribadian Baru, Anda Termasuk yang Mana?

Gelaran Pertamina Budaya, merupakan bagian dari rangkaian Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Internasional EP di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sehari sebelumnya, di Kota Udang ini juga telah dilaksanakan Pertamina Mengajar sebagai bentuk kepedulian terhadap duna pendidikan.