Berencana Mengunjungi Kuil Thailand? Etika Ini Wajib Diperhatikan

By Loretta Novelia Putri, Senin, 24 September 2018 | 13:17 WIB
Kuil Wat Arun di Thailand (navogel/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Mayoritas penduduk Thailand menganut agama Buddha. Maka tidak heran bila di sana terdapat banyak kuil dan tempat-tempat suci terkait. Tidak sedikit juga tempat keagamaan ini yang memiliki sejarah yang menarik bagi wisawatan.

Tidak berbeda dengan penganut agama lain, penduduk Thailand juga sangat menghormati tempat suci mereka. Namun hal ini bukan berarti tidak berlaku bagi para wisatawan. Wisatawan lokal maupun mancanegara wajib ikut menghormati lokasi-lokasi tersebut.

Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke kuil atau tempat suci di Thailand, ada baiknya Anda mempelajari hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Tujuannya adalah agar kunjungan tersebut tidak merugikan orang lain dan mengesankan bagi diri kita sendiri.

Berikut ini adalah beberapa etika yang harus dipatuhi, agar terhindar dari masalah sewaktu berkunjung ke Thailand, seperti dilansir oleh situs resmi badan pariwisata Thailand, tatnews.org.

Baca Juga : Gajah Terjerat Perangkap, Perawatannya Terkendala Medan yang Sulit

1. Berpakaian Sopan

gunakan pakaian yang sopan ketika ke kuil (Rawpixel)
Jangan pernah menggunakan celana pendek dan kaos lengan buntung bila mengunjungi kuil dan tempat suci di Thailand. Gunakanlah pakaian yang tertutup karena kuil merupakan tempat ibadah, dan harus menjunjung kesopanan dalam berpakaian.

Bagi pria, sebaiknya menggunakan kaus berlengan dan celana panjang yang menutupi lutut. Bagi wanita, selain bisa menggunakan celana panjang, bisa juga dengan menggunakan rok panjang yang menutupi lutut. Untuk pakaian, wanita mengenakan kaus atau baju yang berlengan.

Untuk alas kaki, baik wisatawan pria dan wanita jangan menggunakan sandal jepit, melainkan mengenakan sepatu yang tertutup. Jika ingin menggunakan sandal, gunakanlah sandal dengan tali di belakangnya.

2. Lepaskan Sepatu

lepas sepatu ketika memasuki dalam kuil (leezsnow)
Saat memasuki sisi dalam kuil, lepaskan alas kaki Anda. Pengunjung disarankan bertelanjang kaki selama berada di dalam kuil. Letakan juga sepatu yang dikenakan tadi, di rak alas kaki yang sudah disediakan di depan kuil.

3. Langkahi Ambang Pintu

Kebanyakan kuil memiliki ambang pintu yang sangat tinggi. Sehingga untuk memasuki kuil, Anda harus melewati ambang pintu dengan cara melangkahinya, bukan dengan menginjaknya.