Temuan Unik di Yordania: Lukisan Romawi Kuno Mirip dengan Gambar Komik

By Loretta Novelia Putri, Selasa, 2 Oktober 2018 | 11:44 WIB
Lukisan yang ditemukan berbentuk seperti Komik ()

Nationalgeographic.co.id - Penemuan lukisan kuno di dinding gua mungkin bukan hal yang baru bagi peneliti. Namun, bagaimana jika lukisan tersebut justru mirip dengan komik?

Peneliti menemukan sebuah mural berwarna-warni yang mirip dengan komik di sebuah makam Romawi kuno di Yordania. Jika dilihat sekilas, mural itu seperti menceritakan kehidupan kota Capitolias yang ramai pada ribuan tahun lalu.

Capitolias adalah bagian dari wilayah yang dikenal sebagai Dekapolis. Makam lain yang selamat dari daerah ini juga dihiasi dengan lukisan warna-warni.

Baca Juga : Tingkat Pembunuhan Tinggi, Kondisi Afrika Selatan Mirip Zona Perang

Dalam mural tersebut, terdapat gambar ratusan tokoh -- mulai dari manusia, binatang hingga dewa dengan beberapa aktivitas rutin seperti memanen tanaman dan membangun tembok pertahan.

Selain itu, tidak hanya gambar, mural juga dilengkapi beberapa kata (prasasti). Menurut Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis (CNRS), tulisan di dalam lukisan tersebut menggambarkan aksi. Mereka menggunakan bahasa lokal Aram, meski ditulis dengan huruf Yunani.

"Prasasti itu sebenarnya mirip dengan gelembung kata dalam buku komik, karena mereka menggambarkan aktivitas para tokoh yang menawarkan penjelasan tentang apa yang mereka lakukan. Ini sangat luar biasa," ucap Jean-Baptise Yon, peneliti dari History and Sources of Ancient Worlds Laboratory (HiSoMA).

Baca Juga : Apakah Berpikir Bisa Membakar Kalori Lebih Banyak? Ini Penjelasan Ahli

Makam kuno yang terletak di kota Beyt Ras tersebut pertama kali digali pada tahun 2016. Namun, apa yang ditemukan di sana baru diungkap oleh Departement Antiquities of Jordan, belum lama ini. 

Rencananya, para ahli akan mempresentasikan temuan unik ini dalam Konferensi Internasional ke 14 tentang Sejarah dan Arkeologi Yordania, pada Januari 2019 mendatang di Italia.