Festival Pesona Tanjung Lesung, Event Kebanggaan Masyarakat Banten

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 4 Oktober 2018 | 11:36 WIB
Pembukaan Festival Pesona Tanjung Lesung. (Dok. Kemenpar)

Nationalgeographic.co.id – Festival Pesona Tanjung Lesung berhasil diselenggarakan pada 28-30 September lalu, di Kampung Wisata Cikadu, Pandeglang, Banten.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, mengatakan, acara ini akan kembali diselenggarakan tahun depan – bahkan masuk ke dalam kalender event pariwisata nasional.

 “Pemerintah Indonesia begitu mendukung event kebanggaan masyarakat Banten ini. Festival Pesona Tanjung Lesung akan dimasukkan kembali ke kalender 100 event pariwisata nasional,” kata Arief, dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga : Gereja Ayam, Tempat Beribadah Yang Kini Menjadi Tempat Wisata

Dalam Festival Pesona Tanjung Lesung, terdapat berbagai rangkaian acara. Diantaranya, agenda utama kejuaraan terbuka triathlon lintas alam pertama di Indonesia, Rhino Cross Triathlon dan Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM). Selain itu, para pengunjung bisa melihat beragam pameran seni dan budaya.

Bertepatan dengan Festival Pesona Tanjung Lesung, Kemenpar RI juga meresmikan Pasar Digital bernama Pasar Berbatik Cikadu. Itu merupakan bagian dari 12 pasar digital yang dipromosikan GenPI (Generasi Pesona Indonesia – komunitas bentukan Kemenpar) di media sosial.

Surf Rescue siap menjawa peserta triathlon. (Dok. Kemenpar)

Perhelatan Festival Pesona Tanjung Lesung yang telah dilaksanakan sejak 4 tahun lalu, semakin memperkenalkan berbagai wilayah yang selama ini belum banyak diketahui.

Arief berharap, ke depannya, Banten, khususnya Pandeglang, dapat mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat.

Baca Juga : Melihat Gua Tham Luang yang Terkenal Setelah Kasus Terjebaknya 12 Anak

Dilansir dari Bantennews.co.id, Arief mengatakan, ada tiga hal yang dapat memajukan pariwisata Banten. Yaitu, atraksi, akses, dan amenitas. Untuk akses sendiri, Pandeglang sedang mengembangkan jalan tol, reaktivasi kereta api dan bandara.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, daerahnya kaya akan sumber daya alam yang harus dikembangkan. Menurutnya, ada sekitar 306 objek wisata dan 51 pulau di Pandeglang.

Irna menambahkan, dalam pengembangan pariwisata di Pandeglang, pihak Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Banten banyak memberikan kontribusi bagi Kabupaten Pandeglang. Ini terlihat dari banyaknya program dari pusat yang diselenggarakan di sana.