Mengunjungi Air Terjun dan Makam 'Kakek Bodo' di Tretes Jawa Timur

By Nesa Alicia, Jumat, 19 Oktober 2018 | 08:43 WIB
Air terjun Kakek Bodo di Tretes, Jawa Timur. (eastjava.com)

Nationalgeographic.co.id - Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Lereng Utara Gunung Welirang dapat menjadi tempat wisata bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dan menenangkan pikiran. 

Begitu memasuki kawasan tersebut, Anda akan melihat jernihnya air terjun dan pemandangan alam yang sejuk dan indah.

Air terjun Kakek Bodo berada di kawasan Wisata Tretes, diketinggian 850 mdpl. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda hanya perlu berjalan 800 meter.

Lokasi air terjun ini berada di hutan yang termasuk dalam kawasan hutan lindung RPH Prigen, BKPH Lawang Barat.

Baca Juga : Penemuan Planet Goblin, Tanda Akan Adanya Planet Kesembilan?

Nama air terjun ini diambil dari seorang kakek tua yang dikenal dengan nama "Kakek Bodo". Menurut cerita penduduk setempat, ia merupakan seorang pelayan yang berbakti dan jujur yang pernah bekerja pada keluarga Belanda. 

Suatu hari, ia memutuskan meninggalkan majikannya untuk menyucikan diri dan melepas kehidupan duniawi dengan bertapa. Melihat keputusannya tersebut, keluarga Belanda yang ditinggalkan menyebutnya sebagai Kakek Bodoh (Kakek Bodo). 

Setelah bertapa di air terjun, kakek tersebut diketahui mendapat sebuah kekuatan yang kemudian ia gunakan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan. 

Baca Juga : Demi Menghormati Para Dewa, Kuil-kuil India Larang Penggunaan Plastik

Makam Kakek Bodo. (eastjava.com)

Atas jasa-jasanya, setelah meninggal, makam Kakek Bodo pun dikeramatkan oleh penduduk setempat. Jika berkunjung ke air terjun Kakek Bodo, Anda pun bisa sekaligus berziarah ke makam beliau. 

Selain itu, di sana juga menikmati sarana bermain lainnya seperti kolam renang dan arena bermain khusus anak-anak.