Mengurangi Berat Badan Hanya dengan Tidur Cukup, Apakah Mungkin?

By Loretta Novelia Putri, Kamis, 11 Oktober 2018 | 11:20 WIB
tidur cukup mampu menurunkan berat badan (Povozniuk)

Nationalgeographic.co.id - Bagi Anda yang sudah mencoba beragam program diet, tetapi masih tidak berhasil, mungkin Anda melupakan cara yang satu ini yaitu tidur.

Seperti dikutip Kompas.com dari The Sun, tidur dengan waktu yang cukup bisa menjadi kunci untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga : Suku Pedalaman Huaorani, Berbahasa Beruang dan Memiliki Kaki yang Unik

Orang yang tidur dengan jumlah rata-rata delapan jam per hari, cenderung mengurangi asupan atau camilan makanan tidak sehat. Jenis makanan tersebut merupakan salah satu faktor kenaikan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa manusia yang tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam memiliki lebih sedikit rasa lapar. Selain itu, orang-orang tersebut juga cenderung lebih memilih makanan sehat. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki energi untuk berolahraga.

Ahli nutrisi dari Kings College London, Dr. Wendy Hall, mengatakan saat orang merasa tidak lelah, ia akan cenderung tidak memilih makanan manis. "Mereka juga memiliki sedikit kesempatan untuk ngemil saat larut malam," ucap Hall.

Baca Juga : Viral Sari Buah Pisang Cair Mengandung Narkoba, Berikut Ini Faktanya

Hall melajutkan, kelelahan bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengendalikan nafsu makan. Tidur yang diperpanjang, dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam asupan gula bebas.

"Durasi tidur dapat memengaruhi pilihan makanan, serta berkontribusi untuk menjaga berat badan yang sehat," ucap Hall.