Triliuner Jepang Jalani Masa Pelatihan Sebelum Pergi ke Bulan

By Nesa Alicia, Kamis, 11 Oktober 2018 | 15:07 WIB
ilustrasi astronaut. (1971yes/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Triliuner asal Jepang, Yusaku Maezawa, mencatatkan namanya sebagai orang pertama (masyarakat umum) yang akan pergi ke luar angkasa. Pria berusia 42 tahun ini bahkan telah mencarter pesawat di perusahaan Big Falcon Rocket (BFR) untuk mengelilingi Bulan.

Namun karena Yusaku Maezawa tidak memiliki latar belakang pendidikan terkait kegiatan luar angkasa, ia harus menjalani serangkaian pelatihan sebelum akhurnya pergi pada taun 2023.

Ia belum mengetahui jenis pelatihan apa yang harus dilakukan. Namun berdasarkan informasi yang diberikan oleh Elon Musk kepadanya, ia mengatakan bahwa tidak ada hal berat yang akan terjadi.

"Belum dipastikan apa jenis latihan yang harus saya jalani, tetapi Elon Musk mengatakan seharusnya tidak terlalu sulit," kata Maezawa. "Saya percaya bahasa Inggris akan menjadi keharusan," ucap Maezawa lebih lanjut.

Baca Juga : Sering Berbohong? Bisa Saja Anda Akan Mengidap Kebohongan Patologis

Melansir dari AFP pada Kamis (11/10/2018), Maezawa mengatakan bahwa dirinya hanya bekerja tiga hingga empat kali dalam satu minggu. Mengingat Maezawa adalah orang yang sangat sibuk, ia hanya menggunakan waktu-waktu luang untuk berlatih. Ia tidak ingin seluruh kegiatannya terganggu akibat rencana ini.

Yusaku Maezawa (Business Insider)

Mengenai "kendaran" yang akan digunakan oleh Maezawa, Musk mengatakan bahwa Maezawa akan menggunakan Big Falcon Rocket (BFR) atau SpaceX. Roket generasi terbaru dan terkuat dibandingkan dengan teknologi roket Apollo.

Konglomerat Jepang ini berencana untuk pergi bersama dengan enam orang lainnya. "Saya ingin berbagi pengalaman dan hal terkait ini dengan sebanyak mungkin orang. Jadi saya memilih pergi ke Bulan bersama selebriti," ucap Maezawa dalam sebuah konferensi pers.

Meski sudah mendapatkan jaminan untuk dapat mengajak orang lain, Maezawa mengaku belum menentukan siapa saja yang akan masuk ke dalam daftar "teman plesir"nya.

Baca Juga : Istri Indro Warkop Meninggal karena Kanker Paru, Apa Saja Gejala yang Tidak Boleh Kita Abaikan?

Dalam sebuah konferensi pers, Maezawa terdengar seakan tidak sabar untuk segera mengunjungi Bulan. "Saya berharap bisa mendekati bulan dan melihat Bumi secara luas. Melihat dengan mata sendiri dan membayangkannya saja dapat membuat air mata saya menetes,"ujarnya.

Maezawa merupakan orang terkaya ke-13 di Jepang. Menurut Forbes, kekayaannya saat ini mencapai 2,9 miliar dollar AS (setara Rp43 triliun). Ia adalah pendiri Zozotown, situs belanja pakaian online terbesar di Jepang, dan kolektor seni ternama. Meski demikian, Maezawa memulai kariernya sebagai seorang musisi. Ia membentuk sebuah band indie rock dan merilis album mini pada tahun 1993.

Dengan rencananya ini, tidak heran bila ia menjadi orang yang banyak dibicarakan di dunia.