Jangan Lewatkan, Hujan Meteor Orionid Hiasi Langit Indonesia Malam Ini

By Loretta Novelia Putri, Senin, 22 Oktober 2018 | 12:51 WIB
Hujan meteor Orionid (Kazushi_Inagaki/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Malam ini (22/10/2018), debu-debu komet Halley akan bersinggungan dengan Bumi dan akan terbakar di langit, sehingga mengeluarkan fenomena hujan meteor Orionid.

Mutoha Arkanuddin, Pembina Jojga Astro Club, menyebutkan bahwa fenomena terbakarnya debu komet ini bisa dilihat oleh seluruh Indonesia.

“Orionid ini mempunyai Zenithal Hourly Rate (ZHR) antara 15-20 meteor setiap jamnya pada saat puncak,” ucap Mutoha Arkanuddin seperti dilansir dari Kompas.com pada Senin (22/10/2018).

Baca Juga : Tradisi Melempar Bayi dari Ketinggian 25 Meter Sebagai Tanda Syukur

Agar masyarakat Indonesia dapat menikmati hujan meteor Orionid nanti malam, Mutoha menyarankan untuk melihat langit pada kisaran pukul 02.00 dini hari.

Pada saat itu, bulan sudah terbenam di arah barat sehingga tidak ada polusi cahaya yang menganggu pengamatan, sampai waktu menjelang matahari terbit atau waktu subuh.

Untuk menikmati fenomena hujan meteor Orionid ini, maka perlu mengarahkan pandangan ke rasi bintang Orion.

Jika mengalami kesulitan untuk menemukannya, tidak perlu khawatir. Anda cukup mengunduh aplikasi peta langit seperti Star Chart melalui smartphone. Cari tempat yang gelap dan lapang untuk memantau hujan meteor tersebut.

Menurut Mutoha, penduduk di wilayah perkotaan mungkin cukup sulit untuk bisa menikmati fenomena tersebut karena polusi udara dan cahaya -- terutama di Jakarta.

Terlebih lagi, pada saat ini Jakarta sudah mulai dibasahi oleh hujan. Yang artinya ada kemungkinan nanti malam langit Jakarta akan mendung dan kesulitan untuk melihat fenomena tersebut.

“Kecuali ada meteor yang sangat besar sehingga membuat langit begitu terang dan memendarkan awan di sekitarnya, itu bisa terlihat,” ucap Mutoha.

Baca Juga : Badan Antariksa Eropa Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Menuju Merkurius