Bangkai Kapal Tertua Berusia 2.400 Tahun Ditemukan Utuh di Laut Hitam

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 25 Oktober 2018 | 11:18 WIB
Bangkai kapal yang ditemukan di dasar Laut Hitam. (Black Sea MAP/EEF Expeditions/AFP)

Nationalgeographic.co.id – Peneliti mengatakan, kapal dagang Yunani Kuno berusia 2.400 tahun ditemukan hampir utuh di dasar Laut Hitam.  

Kapal ini merupakan satu dari 60 bangkai kapal yang berhasil diidentifikasi oleh Black Sea Maritime Archaeology Project – termasuk kapal Romawi dan armada perompak Cossack dari abad ke-17.

Baca Juga : Pasca Kebakaran, Tengkorak Manusia Berusia 12 Ribu Tahun Ditemukan

Selama tiga tahun, para peneliti proyek tersebut menggunakan sistem kamera khusus bawah air yang pernah dipakai pada eksplorasi minyak dan gas lepas pantai untuk memetakan dasar laut.

“Bangkai kapal ini telah dikukuhkan sebagai yang paling utuh yang pernah ditemukan manusia,” kata peneliti.

Kapal Yunani Kuno, yang tergeletak dengan tiang dan kemudi utuh, diperkirakan berasal dari 400 SM – masa di mana Laut Hitam menjadi pusat perdagangan yang dipenuhi dengan koloni Yunani.

Baca Juga : Gembul dan Tidak Berbulu, Inikah Gambaran T-Rex yang Sebenarnya?

Tim peneliti mengatakan, kapal ini ditemukan pada kedalaman lebih dari 2000 meter (6500 kaki). Air di kedalaman tersebut bebas oksigen sehingga bahan organik dapat bertahan selama ribuan tahun.

“Saya tidak percaya erhasil menemukan sebuah kapal dari periode klasik yang masih utuh. Ini akan mengubah pemahaman kita tentang pembuatan dan pelayaran kapal di zaman kuno,” papar Profesor Jon Adams, pemimpin proyek dan peneliti dari University of Southampton.