Karena Keindahan Alam, Rute Pangkal Pinang Menjadi Favorit

By Loretta Novelia Putri, Rabu, 31 Oktober 2018 | 10:23 WIB
(Todikromo/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Rute pesawat dari Jakarta menuju Pangkal Pinang merupakan salah satu rute penerbangan favorit bagi masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, terhitung ada lima maskapai yang mengoperasikan penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Depati Amir, dengan total 16 jadwal dalam satu hari.

Lima maskapai penerbangan yang mengoperasikan rute tersebut adalah Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Nam Air, dan Lion Air.

Baca Juga : Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Lion Air JT 610, Sutopo: Hoax!

Pangkal Pinang sendiri merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat niaga di Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Bangka memang sudah lama dikenal sebagai penghasil timah terbesar di dunia. Sepertiga timah yang ada di dunia dihasilkan dari Pulau Bangka. Selain itu, Pulau Bangka juga terkenal sebagai penghasil lada yang berkualitas tinggi, kelapa sawit dan juga hasil tangkapan laut yang sangat melimpah.

Namun, banyak dari penduduknya merantau ke Pulau Jawa, khususnya di Jakarta untuk mencari pekerjaan atau pendidikan yang lebih baik.

Baca Juga : Tujuh Langkah Bertahan Hidup Saat Mengalami Kecelakaan Pesawat

Selain kekayaan alamnya yang melimpah, pantai di Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki daya tarik utama di sana seperti, Pantai Parai, Pantai Rambak, Pantai Tikus Emas, Pantai Pasir Padi, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Pesona dan masih banyak lagi.

Bahkan Pemerintah Indonesia menjadikan Tanjung Kelayang, Bangka Belitung sebagai satu dari 10 destinasi "Bali Baru" di Indonesia.

Selain destinasi wisata, Bangka Belitung juga dikenal sebagai daerah dengan toleransi penduduk yang cukup tinggi. Dengan masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan etnis dan agama, mereka dapat hidup rukun berdampingan sejak lama.