4 Hoaks Terkait Kecelakaan Lion Air JT 610 dan Klarifikasinya

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 30 Oktober 2018 | 16:57 WIB
Ilustrasi pesawat yang mengalami masalah saat terbang. (ronniechua/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Pesawat Lion Air JT-610 dipastikan jatuh di perairan dekat daerah Karawang, Jawa Barat, setelah sebelumnya hilang kontak pada pukul 06.33 WIB, 13 menit setelah lepas landas.

Penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10/2018) masih menimbulkan tanda tanya. Apalagi, pesawat Lion Air yang jatuh ini menggunakan jenis boeing 737 MAX-8 yang merupakan pesawat pertama di Indonesia dan baru dua bulan mengudara.

Sejalan dengan proses pencarian terhadap korban dan pesawat, sejumlah hoaks atau berita palsu juga terus terjadi. Foto bangkai pesawat hingga foto dan video penumpang pun bergulir dari satu orang kepada orang lain melalui aplikasi percakapan maupun media sosial.

Baca Juga : Bolehkah Pesawat Tetap Terbang Meski Ada Peralatan yang Rusak?

Berikut ini adalah empat hoaks yang tersebar beserta klarifikasinya.

1. Foto bangkai pesawat terbelah

Dalam sebuah foto, tampak badan pesawat yang sudah kehilangan ruang kemudi tengah dicoba untuk diangkat dengan alat berat oleh orang orang.

Dalam unggahan yang beredar, tertulis bahwa badan pesawat yang tampak dalam foto adalah pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh. Namun Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho membantah kabar tersebut melalui akun twitter miliknya.

Hingga kini, Selasa (30/10/2018) sore, badan pesawat Lion Air 610 belum ditemukan. Meski begitu, sejumlah serpihan pesawat sudah berhasil diangkut oleh tim yang terlibat.

2. Video pesawat tergelincir di laut

Tidak hanya foto, video hoaks terkait kecelakaan ini juga tersebar melalui berbagai media sosial dan aplikasi percakapan. Video dengan judul "Detik Jatuhnya Pesawat Lion Air" ini disebutkan direkam oleh seorang nelayan,

Namun berdasarkan penelusuran Indonesian Hoaxes, video ini terbukti hoaks. Faktanya, pesawat dalam video ini adalah pesawat Ethiopian Airlines Flight 961 yang mengalami kecelakaan pada tahun 1996 dengan video berjudul "Hijacked Plane Disaster-Water Crash Landing" yang diunggal pada tahun 2014.