5 Penyakit Ini Dapat Diketahui Melalui Tangan, Salah Satunya Penyakit Jantung

By Nesa Alicia, Senin, 5 November 2018 | 10:26 WIB
Tangan dan kesehatan, apakah ada hubungannya? (Cameravit/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Ketika tubuh sedang mengalami masalah kesehatan, tentu beberapa tanda akan nampak secara visual. Mata, mulut, kulit, bahkan tangan seringkali menjadi media atas berbagai gejala tadi.

Dilansir dari Hello Sehat pada Senin (5/11/2018), berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat diprediksi dari kondisi tangan

1. Tangan gemetar tanda penyakit Parkinson

Terlalu banyak minum kopi, mengonsumsi obat antridepresan dan kelelahan dapat membuat tangan menjadi gemetar. Namun, jika tangan Anda gemetar tanpa alasan yang jelas bahkan saat Anda sedang tidak melakukan apapun, Anda perlu waspada karena kemungkinan besar kondisi tersebut merupakan gejala penyakit parkinson.  

Baca Juga : Mengapa Air Mata Keluar Saat Menguap? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Selain tremor, gejala lain dari penyakit parkinson adalah otot yang kaku, gerakan tubuh yang lebih lambat dari biasanya, dan sulit menjaga keseimbangan tubuh. 

2. Kulit dan kuku pucat tanda anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh tidak dapat memproduksi darah merah dengan baik. Hal ini kemudian membuat kebutuhan sel darah merah tidak terpenuhi. Wajah hingga kuku pun menjadi pucat.

Selain perubahan warna kulit tangan dan kuku, anemia juga menimbulkan gejala lainnya, seperti tubuh mudah lelah, muncul memar pada kulit, mudah terluka, darah sulit membeku, serta kram pada kaki. 

Tangan menjadi penanda sebuah penyakit. (seb_ra/Getty Images/iStockphoto)

3. Telapak tangan merah tanda penyakit hati

Biasanya telapak tangan memerah ketika tangan Anda menekan sesuatu dalam waktu yang lama. Meski begitu, ketika telapak tangan menjadi memerah, bisa saja menjadi tanda dari penyakit hati, yaitu sirosis hati.