Banyak Kesamaan, Turis Indonesia Diharapkan Mengunjungi Zanzibar

By Nesa Alicia, Rabu, 14 November 2018 | 15:54 WIB
(Moiz Husein)

Nationalgeographic.co.id - Kementrian Pariwisata Zanzibar menginginkan agar turis asal Indonesia datang berwisata ke kepulauan tersebut. Meski Zanzibar dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, nyatanya masih sedikit orang Indonesia yang berniat datang ke sana. 

Menurut Menteri Informasi, Pariwisata, dan Sejarah Zanzibar, Mahmoud Thabit Kombo, Zanzibar dan Indonesia mempunyai hubungan sejak 400-500 tahun yang lalu. 

"Cengkeh di Zanzibar berasal dari Indonesia. Dahulu orang Indonesia datang berjualan rempah ke Zanzibar dengan berlayar ketika angin muson," kata Mahmoud, dilansir dari Kompas.com.

Tidak hanya persamaan sejarah, Zanzibar dan Indonesia juga memiliki penduduk yang mayoritas muslim. Ini memudahkan turis asal Indonesia yang ingin berwisata halal di wilayah Afrika Timur itu.

Baca Juga : Puluhan Mumi Kucing dan Makam Dari Abad Ke-25 SM Ditemukan di Mesir

Usaha terus dilakukan untuk menarik turis Indonesia ke Zanzibar. Misalnya, mengadakan pertemuan bisnis dengan para pelaku industri pariwisata Indonesia sekaligus mengenalkan  paket wisata Zanzibar.

Selain itu, Mahmoud menambahkan, pihaknya juga berusaha mengadakan penerbangan langsung dari Indonesia ke Zanzibar untuk membawa turis dari dua negara tersebut. Namun, penerbangan langsung masih dalam proses permohonan kepada pihak maskapai. 

"Ada sekitar dua juta orang Indonesia yang berwisata ke luar negeri. Kalau kami bisa dapat satu persennya, yakni 20 ribu, itu sungguh sangat bagus," katanya.

Baca Juga : Akibat Perluasan Lahan Manusia, Alam Liar di Bumi Semakin Berkurang

Mahmoud menyebut, dibanding benua lainnya, turis Asia paling sedikit berkunjung ke Zanzibar. Dari negara di Asia, Tiongkok merupakan salah satu penyumbang turis terbanyak dengan jumlah kurang lebih tujuh ribu turis dalam satu tahun. Disusul India dengan jumlah enam ribu turis selama satu tahun. 

Berdasarkan data terakhir, sepanjang tahun 2018, hanya ada 60-65 turis asal Indonesia yang berkunjung ke Zanzibar. 

Zanzibar sendiri merupakan daerah semi otonom di Tanzania. Sama seperti Indonesia, daerah ini dikenal sebagai penghasil rempah sejak dulu.

Zanzibar juga menawarkan berbabagi destinasi wisata seperti wisata budaya, wisata sejarah, wisata petualangan alam liar, wisata bahari dan festival tahunan.