Berdasarkan survei TripAdvisor ke hampir 1.000 responden dari Asia Tenggara, tiga dari empat (75%) wisatawan TripAdvisor merasa bahwa pelayanan yang baik sangat penting untuk sebuah hotel, dengan tiga dari empat (78%) wisatawan juga mengindikasikan bahwa mereka akan kembali ke hotel yang telah memberikan mereka pelayanan yang luar biasa dan mengesankan.
Survei tersebut dilakukan terhadap 986 wisatawan tepatnya di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand mulai 7 - 12 Mei 2014.
“Wisatawan memiliki jutaan hotel untuk dipilih, dan pelayanan adalah salah satu cara untuk memikat pelanggan di tengah-tengah persaingan ketat perhotelan. Hal ini sudah terlihat jelas dalam review hotel kami bahwa ketika Anda memiliki pelanggan yang happy, mereka akan menyebarkan berita baik tersebut,” ungkap Barbara Messing, Chief Marketing Officer TripAdvisor.
Menyediakan pelayanan yang baik juga bisa membantu pendapatan hotel karena sembilan dari sepuluh (88%) responden akan membayar lebih untuk tetap menginap di sebuah hotel dengan pelayanan yang memuaskan.
Rata-rata tarif per malam dari pemenang penghargaan Travellers’ Choice Exceptional Service untuk Asia adalah Rp1.899.232 dan Rp3.717.891 untuk di Indonesia.
Vietnam dan Indonesia
Sementara itu, survei juga membuktikan bahwa Vietnam dan Indonesia merupakan dua negara terunggul di Asia dalam hal pelayanan hotel nan memuaskan.
Wisatawan TripAdvisor menerima layanan selayaknya raja di Vietnam dengan sebelas properti yang termasuk 25 terbesar pemenang penghargaan Travellers’ Choice Exceptional Service.
Dari sebelas properti Vietnam, sembilan di antaranya berada di Hanoi. Indonesia adalah negara berikutnya yang mengantongi paling banyak penghargaan dengan tujuh properti dalam daftar Asia, enam di antaranya berlokasi di Bali.
“Upaya dan komitmen kami di Hotel Tugu Lombok untuk menciptakan pengalaman pribadiyang tak terlupakan untuk setiap tamu,” kata Rosiany T Chandra, PR Manager Tuguhotels, Exotic Spas & Restaurants. Hotel Tugu Lombok menjadi salah satu hotel di Indonesia yang dianugeragi dengan penghargaan Travellers’ Choice Hotel with Exceptional Service 2014 dari Trip Advisor.
“Ini bukti standar tinggi pelayanan yang kami junjung. Sangat gembira mengetahui bahwa wisatawan TripAdvisor dari seluruh dunia menghargai upaya kami,” tambahnya menanggapi tentang penghargaan yang diterima.
Masa Depan Pengolahan Sampah Elektronik Ada di Tangan Negara-negara Terbelakang?
Penulis | : | |
Editor | : | Palupi Annisa Auliani |
KOMENTAR