Nationalgeographic.co.id—Dangdut ada di mana-mana, mulai dari angkutan umum hingga hajatan tetangga Anda. Musik populer khas Nusantara ini bisa diterima banyak kalangan karena iramanya yang khas, walau belakangan ini liriknya selalu menggambarkan cinta serong yang menyedihkan.
Saking populernya, dangdut memiliki kontes bermusik sendiri seperti Liga Dangdut yang pesertanya bahkan tak hanya dari Indonesia. Dangdut terus berkembang dari masa ke masa dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, tersentuh dengan budaya rok, musik elektronik (EDM) untuk menciptakan sub-genre baru, dan dikenal di tingkat global berkat TikTok.
Bagaimana sejarah perkembangan dangdut bisa lahir?
Edhi Susilo dari Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta, dalam buku Sejarah dan perkembangan musik dangdutbahwa dangdut berawal dari musik Melayu. Awalnya, nuansa Melayunya sangat terasa sehingga lebih dikenal dengan orkes Melayu, tetapi perkembangan selanjutnya istilah Melayu ditinggalkan dengan dangdut yang lebih populer.
Mengutip Ensiklopedi Musik Indonesia, istilah dangdut ini lebih populer dari penggunaan bahasanya pada 1970-an. Istilah ini diadopsi dengan meniru suara gendang dan ketipung yang menjadi perkusi dalam permainannya. Selain itu, gitaris 1960-an Billy Chung, menggunakan istilah dangdut sebagai ejekan terhadap corak musik Melayu yang menggunakan tablah seperti cara bermusik India.
Namun, Melayu manakah yang menjadi akar musik dangdut? Susilo menulis, hal itu susah ditebak karena setiap kawasan Melayu, baik di Sumatra dan Semenanjung, memiliki keragaman cara bermusik.
Makalah di jurnal Sejarah dan Budaya yang diterbitkan 30 Desember 2021 oleh para peneliti yang dipimpin Derta Arjaya, alumni Pascasarjana Ilmu Sejarah di Universitas Gadjah Mada, menjabarkan bahwa ada tiga periode dangdut di Indonesia. Periode paling awal adalah irama Melayu atau irama Melayu Deli karena berakar pada musik tradisional Deli sekitar abad ke-19.
Irama Deli ini kemudian berkembang pesat seiring digunakan dalam pementasan teater, tulis Derta dan tim, terutama setelah mendapat dukungan dari Sultan Deli dengan menggabungkan gaya sandiwara Penang.
“Lagu Melayu asli biasanya bertempo lambat—merupakan pengaruh dari Teater Bengsawan yang menampilkan adegan-adegan sedih yang disertai dengan lagu-lagu bernada sedih pula,” tulis mereka di makalah berjudul Dangdut: Sebuah realita globalisasi kebudayaan Timur dan Barat.
“Syair lagu Melayu pada umumnya berasal dari lirik-lirik pantun Melayu yang bernuansa sedih dan sayu. Hal ini cukup menarik untuk diperhatikan, karena pada era 90-an, lirik-lirik lagu dangdut di Indonesia banyak sekali bercerita tentang penderitaan seseorang.”
Irama Melayu ini melahirkan ragam versi dari Malaysia, Sumatra Selatan, hingga versi Jakarta. Di Jakarta, percampurannya sangat kompleks berkat peleburan antar etnis sejak pertengahan abad ke-19. Irama ini menjadi kesenian Betawi yang diolah dari pengaruh perkembangan jaman yang berbeda dari daerah lain yang memengaruhinya.
Dangdut makin berkembang pada periode 1950 hingga 1960-an ketika musik India menular ke Indonesia. Saat itu, Presiden Sukarno menunjukkan sikap tidak suka pada budaya Barat, sedangkan hubungan dengan India begitu erat lewat budaya yang dibanjiri produksi film dan musik.
Periode ini mempopulerkan Elly Khadam, pedangdut pertama yang mengembangkan dangdut atau orkes Melayu dengan sentuhan irama India dan Arab dan penggunaan suling. Lagunya yang bertajuk Boneka Cantik dari India, memberikan pengaruh yang kuat pada masyarakat.
Ada pun teori lain yang mengatakan bahwa lagu dangdut sangat kuat dipengaruhi oleh musik India yang memang sudah sejak lama ada di beberapa daerah di Indonesia, namun tidak populer seperti musik lainnya. Teori ini sangat kuat dilantangkan oleh Elvy Sukaesih yang menentang ketika Rhoma Irama menyatakan dangdut murni dari irama melayu Deli.
Ketika Soeharto menjabat sebagai presiden, Indonesia jadi terbuka drastis pada 1970-an. Derta dan tim menulis, musik pun mengalami perkembangan dahsyat ketika Rhoma Irama dan Mansyur S. merevolusi dangdut.
Rhoma Irama dengan kelompok Soneta merombak syair dan isntrumen dangdut dengan gaya rok dan pesan-pesan optimis seperti dakwah sehingga “mereka mengusung predikat The Voice of Islam.”. Lagu rok ini diilahminya karena Rhoma sendiri penggemar rok seperti Hiper Tol dan Thom John.
“Saya tidak mengambil beat musik rock, tetapi dinamis dari musik rock yang saya serap, sehingga lahirlah musik Soneta yang Barat bukan, India [juga] bukan,” ungkap Rhoma dalam makalah itu.
Akibatnya, Grup Soneta dan Rhoma Irama menjadi konter terhadap musik rok yang marak dimana identiknya dengan hal-hal negatif seperti alkohol, seks bebas, dan narkoba. Tetapi, secara permainan pun juga berpengaruh dengan masuknya alat-alat listrik dalam pementasan lagu dangdut, sehingga sangat populer di kalangan masyarakat pada 1980-an.
Perkembangan dangdut berkembang pada era 1990-an, di luar dari periode yang disebutkan Derta dan tim, lewat musik elektronik yang berkembang menjadi Funky Kota (Funkot). Barakatak adalah kelompok musik yang jadi pionir peleburan ini yang membuat popularitas naik di kalangan masyarakat.
Melansir Whiteboard Journal, ciri dangdut pada Barakatak sangat terasa di lagu Maju Maju Maju dan Musiknya Asyik. Bahkan pada AMI Award 2014, kelompok ini masuk dalam nominasi "Dangdut Kontemporer".
"Musik-musik dangdut sekarang kan tidak murni dangdut, memakai alat-alat digital yang jenisnya seperti house music. Termasuk Barakatak, kami dari tahun 94 sudah awalnya begitu, semuanya mengikuti," ujar keempat personil Barakatak. "Musik dangdut sekarang sudah memakai alat musik digital, sehingga warnanya pun telah berubah."
IndoClubbing mengidentifikasikan sub-genre dari funky kota dengan dangdut house yang kadang disebut breakbeat yang sangat berbeda dengan breakbeat Amerika Serikat, dan temponya yang lebih cepat.
Kepopuleran funkot semakin melejit ketika TikTok menginvasi sehingga lagu-lagunya banyak dipakai pengguna agar bisa populer di FYP (For Your Page). Salah satunya, pada 2020 artis Hollywood Terry Crews dan Howie Mandel di TikTok menggunakan lagu Bagaikan Langit milik Melly Goeslow yang telah diremix.
Terkadang, funkot memiliki kontroversi karena mengambil sampel musik lain, di TikTok. Misalnya, musisi elektronik Mardial, telah berhasil membongkar musik lagu populer TikTok berjudul Aisyah Jatuh Cinta pada Jamila yang ternyata mengambil sampel Wrecking Ball karya Milley Cyrus.
Baca Juga: Sains Singkap Musik Viral Punya Kesamaan Pola dengan Penyebaran Virus
Penulis | : | Afkar Aristoteles Mukhaer |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR