Ukiran Kuno yang Tersembunyi Selama 600 Tahun Ditemukan di Makam Uskup

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 2 Januari 2019 | 11:49 WIB
Ukiran di makam Uskup Cardeny. (PA via The Independent)

Nationalgeographic.co.id - Ukiran batu yang sudah tersembunyi selama 600 tahun berhasil ditemukan pada makam uskup abad pertengahan di Katedral Dunkeld, Skotlandia. Diduga milik Uskup Cardeny dari abad ke-15.

Penemuan ukiran batu yang menunjukkan gambar beberapa tokoh suci ini memberikan cahaya baru bagi sejarah situs. Memberi informasi bahwa makam di beberapa titik telah dipindah dari lokasi aslinya dan dibangun ke arah dinding.

Baca Juga : Stalagmit di Gua Iran Ungkap Kejatuhan Kekaisaran Mesopotamia Pertama

Colin Muir, ahli konservasi batu di Historic Environment Scotland (HES) yang memimpin penelitian, menyatakan: "Penemuan tersebut sangat langka. Ukiran tersembunyi di makam Uskup Cardeny dari abad ke-15 ini akan memperkaya pemahaman kita tentang sejarah Katedral Dunkeld dan seni ukiran batu abad pertengahan."

"Penemuan tersebut juga memberikan alasan segar mengapa kita harus melakukan eksplorasi lebih lanjut. Terutama untuk mengetahui kapan tepatnya makam itu dipindahkan, beserta alasannya. Mungkin ada detail tersembunyi lainnya yang tersimpan di dalam dinding belakang makam," tambah Muir.

Penelitian yang lebih mendalam kini sedang dilakukan menggunakan teknologi fotogrametri 3D yang mutakhir.

Model 3D yang lebih detail, diciptakan dengan mengumpulkan beberapa gambar menggunakan kamera dan cermin. Cara itu memungkinkan para peneliti melihat ukiran dengan lebih dekat.

Dengan adanya konservasi lebih lanjut, Muir berharap, ia dan timnya dapat segera mengungkap rahasia dari ukiran tersebut.

Baca Juga : Ketika 'Pangeran' Menjadi Korban Pembunuhan Akibat Konflik Politik

Diketahui bahwa situs Katedral Dunkeld tersebut telah lama menjadi pusat kegiatan gereja yang penting. Buktinya, peninggalan St Columba dibawa ke sana dari Iona, oleh Raja Kenneth McAlpin pada 849.

Sementara itu, makamnya dibangun pada 1420 sebagai tempat peristirahatan terakhir Cardeny, uskup terlama di katedral tersebut. Cardeny mulai menjadi uskup pada 1399 dan dipilih langsung oleh Paus Benedict VIII.