Ustaz Arifin Ilham Derita Kanker Nasofaring, Apa Saja Gejalanya?

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 9 Januari 2019 | 16:27 WIB
Unggahan foto Alvin Faiz, anak Ustaz Arifin. (Instagram/alvin_411)

Nationalgeographic.co.id - Foto yang memperlihatkan Ustaz Arifin Ilham tengah terbaring di sebuah kamar perawatan, beredar di sosial media. Media juga ramai membicarakan terkait keadaan Ustaz Arifin Ilham yang menderita kanker nasofaring stadium 4A.

Secara garis besar, kanker nasofaring adalah kanker yang menyerang bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Dilansir dari Alodokter, Rabu (9/1/2019) berikut ini adalah gejala kanker nasofaring:

Baca Juga : Bukan Sekadar Bahan Bacaan, Buku Mampu Pengaruhi Perilaku Sosial Anda

Sementara itu, dilangsir dari Tribunnews.com, Fikry Hamdan Yasin, dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) RS Cipto Mangunkusumo, tempat Ustaz Arifin dirawat juga menuturkan hal yang sama.

Tidak hanya menjabarkan gejala kanker nasofaring, dokter Fikry juga menjawab informasi yang beredar mengenai suara serak Ustaz Arifin sebagai gejala kanker nasofaring adalah hal yang tidak benar.

"Suara serak bukan gejala kanker nasofaring ya," ucap dokter Fikry.

Diagnosis kanker nasofaring

Walaupun berbagai gejala bisa menunjukkan adanya kemungkinan kanker nasofaring, tetapi dokter tetap perlu melakukan beberapa langkah untuk memastikan secara pasti kondisi pasien. Berikut ini adalah beberapa tes yang akan dilakukan oleh dokter:

Penyebab kanker nasofaring

Walaupun penyebabnya tidak diketahui secara pasti, tetapi dokter menduga bahwa kondisi ini berhubungan dengan virus Epstein-Barr (EBV) yang mengontaminasi sel nasofaring seseorang.

Tidak hanya kanker nasofaring, EBV juga menyebabkan beberapa penyakit lainnya seperti mononukleosis.

Baca Juga : Diduga Alami Pelecehan Seksual, Wanita yang Alami Koma Hampir 10 Tahun ini Melahirkan

Selain itu, masih dari Alodokter, terdapat juga beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker nasofaring, yakni sebagai berikut: