Mengapa Seseorang Bisa Hadir dalam Mimpi? Apa Artinya?

By National Geographic Indonesia, Sabtu, 12 Januari 2019 | 10:00 WIB
Apakah seorang tuna netra memiliki pengalaman mimpi yang berbeda? (francescoch/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bagi banyak orang, mimpi dipercaya lebih dari sekadar bunga tidur. Mereka menyakini jika mimpi adalah bagian dari firasat akan suatu peristiwa.

Lalu, apa artinya saat kita memimpikan seseorang dari masa lalu atau teman kantor yang sehari-hari pun jarang berinteraksi? Apakah mimpi menjadi tanda akan terjadinya suatu hal?

Baca Juga : Mengapa Seseorang Cenderung Makan Banyak Ketika Sedang Kesal?

Mimpi memang tidak bisa diprediksi

Bahkan mimpi buruk pun bisa jadi hasil dari sesuatu atau seseorang yang ada dalam kehidupan nyata. Ini terjadi karena otak memproses emosi nyata dalam hidup kita, sehingga menghasilkan dunia yang sepenuhnya baru.

Bahkan, berbincang singkat dengan orang asing pun dapat membuat orang tersebut hadir dalam mimpi kita. Menurut pakar kesehatan tidur, Alesandra Woolley, munculnya seseorang dalam mimpi kita bisa saja menandakan bahwa kita sedang banyak menghabiskan waktu dengan dia.

Namun, ini bisa juga terjadi karena ada interaksi yang bermakna dan kesan yang melekat. "Mimpi adalah salah satu cara otak kita memproses emosi, sehingga emosi apa pun yang terkait dengan hubungan atau koneksi individu dapat mengakibatkan mereka muncul dalam mimpi," katanya.

LeslieBeth Wish, psikoterapis klinis berlisensi, mengatakan, kita juga bisa masuk dalam mimpi orang lain meskipun belum melihat atau berbicara dengannya selama bertahun-tahun.

Ini bisa terjadi jika seseorang melihat kita atau foto yang mirip dengan kita, berbicara dengan orang-orang yang mengenal kita, atau melihat karakter dalam buku atau film yang membuat mereka memikirkan kita.

Baca Juga : Ustaz Arifin Ilham Derita Kanker Nasofaring, Apa Saja Gejalanya?

"Dengan kata lain, hal semacam ini jarang terjadi secara kebetulan," kata Wish. Semakin kita terlibat dalam kehidupan seseorang, semakin besar kemungkinan kita berada dalam mimpinya. Ini bukan berarti kita harus benar-benar dekat dengannya.

Mungkin kebetulan kita sering bertemu orang yang sama dengannya di kereta dalam perjalanan ke kantor. Meski tak pernah berkenalan dan ngobrol, tidak mustahil orang itu masuk dalam mimpi kita. Jadi, meski seseorang membuat kesan sekecil apa pun, sesuatu tentang mereka yang memicu minat atau penasaran akan membuatnya muncul dalam mimpi.