Kepingan Es Berputar Seukuran UFO Muncul Tiba-tiba di Sungai

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 18 Januari 2019 | 10:54 WIB
Kepingan es yang tiba-tiba muncul di sungai Maine. (Tina Radel via Gizmodo.com)

Nationalgeographic.co.id - Pola lingkaran berputar yang memiliki ukuran seperti UFO, muncul secara tiba-tiba di sungai Presumpscot, Maine, AS.

Namun, itu bukanlah hal aneh. Fenomena alam langka tersebut memang kerap muncul di wilayah-wilayah yang dingin.

Foto yang beredar menunjukkan lingkaran es dalam skala besar, ukurannya sangat mencolok dibanding bangunan maupun lahan parkir yang ada di dekatnya.

Baca Juga : Asteroid Pemusnah Dinosaurus Picu Tsunami Besar di Seluruh Laut Dunia

Media lokal melaporkan, kepingan es itu kira-kira memiliki lebar 100 meter–dan kemungkinan bisa bertambah luas seiring berjalannya waktu.

Rob Mitchell, yang memiliki bangunan di sekitar sungai, mengatakan, lingkaran es juga menjadi 'rumah' bagi satwa liar yang ada di sana. "Bebek-bebek duduk di atasnya," ujar Mitchell kepada Press Herald.

Ketika pemerintah setempat mengunggah gambar kepingan es di Facebook, beberapa orang berkomentar bahwa itu berasal dari luar angkasa.

"Mungkin alien mendarat di sana," ujar salah satu pengguna Facebook.

Baca Juga : Mengapa Gunung Anak Krakatau Masih Berbahaya? Ini Penjelasan Peneliti

Faktanya, kepingan es tersebut adalah hasil dari serangkaian efek fisik aneh yang membuat lingkaran terbentuk dengan sendirinya. Biasanya, itu terjadi di sungai yang jauh dari kota dan tidak sebesar seperti yang ditemukan di sungai Maine.

Para ilmuwan mengatakan, fenomena ini berkaitan dengan pusaran air yang membeku. Mereka terbentuk ketika pusaran air mulai meninggalkan wilayah yang bebas es, tapi kemudian terjebak dan membeku. Menangkap lebih banyak es dan menebal seiring berjalannya waktu, dengan lingkaran sempurna seperti pusaran air pada umumnya.

Kepingan es seperti itu diketahui dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, berputar-putar hingga beberapa bulan.