VietJet Air, Maskapai Asal Vietnam yang Lebih dari Sekadar 'Maskapai Bikini'

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 23 Januari 2019 | 09:30 WIB
Pramugari VietJet Air (Instagram/Vietjet)

Nationalgeographic.co.id - Dunia pariwisata di Indonesia tengah ramai dengan perbincangan datangnya sebuah maskapai yang membuka rute penerbangan ke Indonesia, yakni VietJet Air, maskapai asal Vietnam.

Selain rute perjalanan Ho Chi Minh-Denpasar dan Ho Chi Minh-Jakarta, masyarakat juga diramaikan mengenai "seragam" para awak udara yang berupa setelah bikini. Pertanyaan mengenai apakah awak udara akan mengenakan bikini ketika di Indonesia pun menyeruak.

Namun sebelum Anda terjebak pada perbincangan sebatas bikini, ada baiknya Anda mengenal maskapai yang juga dikenal sebagai "bikini airline" ini sebelum benar-benar datang di Indonesia.

Baca Juga : Membuat Paspor 'Online', Proses Antre Bisa Dilakukan Melalui Aplikasi

Pertama kali terbang pada tahun 2011

Tujuh taun yang lalu VietJet Air meluncurkan penerbangan perdananya pada tanggal 24 Desember 2011 dengan rute domestik Ho Chi Minh-Hanoi.

Namun seiring dengan perkembangannya, maskapai milik Nguyen Tanh Ha ini sudah memiliki lebih dari 30 rute penerbangan regional menuju Thailand, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, Tiongkok, Jepang, Hong Kong, Myanmar, dan Indonesia pada bulan Maret mendatang.

Penerbangan murah

VietJet Air adalah maskapai berbasis low cost carrier (LCC) atau penerbangan dengan biaya murah. Meskipun masuk sebagai maskapai LCC, VietJet Air pernah mendapatkan sejumlah penghargaan internasional.

"The Best Asian Low Cost Carrier" pada TTG Travel Awards 2015 dan "The most favourite carrier in Vietnam" dari Economic Times adalah dua dari beberapa penghargaan yang mereka dapatkan.

Jenis pesawat

VietJet Air menggunakan dua jenis pesawat Airbus, yakni seri A320s dan A321s. Sementara itu, untuk penerbangan menuju Denpasar dan Jakarta, VietJet Air akan menggunakan Airbus 321 terbaru dengan kapasitas sebanyak 226 penumpang.