Langka, Kadal Lidah Biru Berkepala Dua Ditemukan di Australia

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 23 Januari 2019 | 10:38 WIB
Kadal lidah biru berkepala dua di Australia. (Australian Reptile Park)

Nationalgeographic.co.id - Para petugas di Australian Reptile Park terkejut sekaligus semangat saat menemukan kadal lidah biru berkepala dua. 

Dalam kasus yang sangat langka ini, kadal lidah biru bernama Lucky ini memiliki dua mulut dengan dua fungsi. 

Menurut Daniel Rumsey, Head of Reptiles, kadal seperti Lucky cenderung tidak dapat bertahan hidup di alam liar. Sebab, hewan dengan kelainan bentuk sering kali tidak dapat makan atau berburu dengan benar. Mereka juga lebih lemah. 

"Melihat hal itu, Lucky si Kadal Lidah Biru, sedang kami rawat dengan hati-hati. Kami berharap, ia dapat hidup panjang dan bahagia sebagai kadal paling unik di sini," paparnya. 

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Kehidupan di Danau Terdalam Antartika, Seperti Apa?

Rumsey menambahkan, kadal lidah biru merupakan hewan ikonik di Australia. Lucky menjadi sangat spesial karena ia memiliki dua kepala. 

"Hal ini memang bisa terjadi. Kami pernah melihat ular berkepala dua sebelumnya, dan sekarang kadal," kata Rumsey. 

“Sebagai pecinta reptil, selalu menyenangkan saat menemukan sesuatu yang begitu berbeda dan tidak biasa. Kami akan memperlakukannya dengan baik."

Kadal lidah biru dewasa. (Ozone_Photography/Getty Images/iStockphoto)

Baca Juga : Dunia Didominasi oleh Serangga, Bagaimana Mereka Bisa Melakukannya?

Kadal lidah biru kerap ditemukan di halaman belakang warga Australia saat sedang mengunyah siput. Namun, ketika merasa terancam, mereka akan menjulurkan lidah birunya sebagai peringatan. 

Ya, ketika menghadapi sesuatu yang dianggap berbahaya, kadal lidah biru akan langsung membuka mulutnya lebar-lebar. Mereka kemudian menunjukkan lidah biru yang kontras dengan warna mulutnya yang merah muda. 

Penampakan tersebut, ditambah dengan ukuran kepala yang besar, akan menakuti predator. Jika 'musuhnya' tidak pergi, kadal lidah biru akan mendesis dan meratakan tubuhnya. Ketika disentuh, mereka akan menggigit.