Menu Sarapan Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

By Gita Laras Widyaningrum, Minggu, 27 Januari 2019 | 08:00 WIB
Roti lapis (sandwich) dianggap sebagai salah satu sarapan sehat yang membantu menurunkan berat badan. (bhofack2/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Penurunan berat badan yang berkelanjutan, terjadi karena adanya kontrol dan keseimbangan antara kalori dan makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak pada makanan kita. Ini bisa dibantu dengan menu sarapan yang pas. 

Jika Anda ingin mengurangi beberapa kilogram, maka berikut menu sarapan yang cocok:

Greek yoghurt

Yoghurt buah menawarkan protein dan kalsium. Jika Anda menyukai yoghurt, pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah Greek yoghurt. Ini merupakan jenis yoghurt yang tidak mengandung gula. Di setiap porsinya terdapat 20 gram protein.

Yoghurt berprotein tinggi yang disajikan dengan buah-buahan segar dan kacang-kacangan memiliki gizi seimbang. Menjadi pilihan sarapan dengan kalori terkontrol dan membuat Anda kenyang dalam beberapa jam ke depan.

Baca Juga : Sepuluh Makanan yang Bisa Menangkal Penyakit di Musim Hujan

Telur

Enam belas gram protein dan 20 nutrisi kunci lain yang ada pada telur membuatnya menjadi makanan super. Saat berbicara tentang penurunan berat badan, diketahui bahwa mengonsumsi 20 gram protein membantu untuk mengontrol kadar insulin–hormon yang mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Itulah mengapa telur bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Roti lapis (sandwich)

Kebanyakan sarapan yang kita makan lebih tinggi jumlah karbohidratnya dibanding protein. Contohnya seperti muffin dan nasi uduk. Di sisi lain, roti dengan potongan salmon, daging, dan selembar keju merupakan kombinasi sempurna antara karbohidrat dan protein. Anda juga bisa menambahkan salad sebagai tambahan serat.

Roti lapis mudah dibuat sehingga tidak merepotkan Anda di pagi hari sebelum berangkat ke kantor.

Smoothie protein