Minum Kopi Bisa Membuat Kita Panjang Umur, Benarkah Demikian?

By Warsono, Selasa, 29 Januari 2019 | 09:30 WIB
Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa minum beberapa cangkir kopi sehari menurunkan risiko kematian dini. (Rebecca Hall, Staf NGM)

Nationalgeographic.co.id - Bagi pecinta kopi, ada kabar gembira. Penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari—berkafein atau tidak—kemungkinan berpeluang lebih rendah untuk meninggal karena penyakit tertentu daripada yang berpantang kopi.

Studi yang dianggap sebagai yang paling besar tersebut, meneliti lebih dari 500.000 orang di sepuluh negara Eropa selama 16 tahun.

Baca Juga : Sering Konsumsi Makanan yang Digoreng Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Hasilnya menunjukkan, dibanding orang yang tak minum kopi, peminum kopi memiliki hati dan sistem peredaran darah yang lebih sehat. Tingkat peradangan mereka juga lebih rendah.

Marc Gunter, studi sekaligus ahli epidemiologi mengatakan bahwa "tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi, berkaitan dengan penurunan risiko kematian karena faktor apa pun”. Termasuk penyakit peredaran darah dan gangguan pencernaan.

Baca Juga : Menu Sarapan Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Langkah selanjutnya adalah menganalisis komposisi kimia kopi untuk memahami manfaat yang ada di dalam minuman tersebut.

Gunter akan kembali melanjutkan penelitiannya, sementara kita semua, tampaknya, harus menunggu dan kembali mengisi cangkir masing-masing dengan kopi.