Penelitian: Genggaman Tangan Pasangan Bisa Mengurangi Rasa Sakit

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 14 Februari 2019 | 17:00 WIB
Genggaman tangan pasangan dipercaya dapat meredakan rasa sakit. (vadimguzhva/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Jika Anda memikirkan cara apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pasangan, cobalah genggam tangannya. Keinginan untuk memegang tangan seseorang yang familiar ketika kita sedang terluka, sekarang ada penjelasan biologisnya.

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Colorado University, Boulder, menemukan fakta bahwa sentuhan pasangan bisa menyampaikan empati dan mengurangi sensasi rasa sakit.

Saat eksperimen, para perempuan mengaku merasakan nyeri yang lebih ringan ketika pasangan berada di ruangan yang sama dan memegang tangan mereka.

Obat terbaik saat melahirkan

Setelah menggenggam tangan istrinya selama persalinan, Pavel Goldstein, peneliti ilmu saraf di CU Boulder, bertanya-tanya apakah genggaman tangan benar-benar berpengaruh pada rasa sakit.

“Saya sedang berada di ruang persalinan saat itu, dan tidak tahu bagaimana caranya menolong istri saya. Lalu, dia meminta saya menggenggam tangannya dan ternyata itu sangat membantu,” cerita Goldstein.

Pria ini pun menciptakan skenario yang sama pada eksperimennya.

Baca Juga : Filofobia, Ketika Seseorang Takut untuk Mencintai dan Dicintai

Goldstein dan timnya mengumpulkan 23 pasangan berusia 23 hingga 32 tahun. Mereka semua harus memiliki fisik yang sehat dan tidak mengonsumsi obat-obatan apa pun selain KB.

Para perempuan menjadi target rasa sakit. Mereka dibagi menjadi empat kelompok. Yakni: sendiri dalam ruangan, bersama pasangan namun tidak boleh menyentuhnya, menggenggam tangan pasangan, dan partisipan yang memegang tangan orang asing.

Hasil penelitian menunjukkan, genggaman tangan pasangan efektif untuk mengurangi rasa sakit. Sementara, genggaman tangan orang asing yang tidak terlalu dekat, hanya membantu sedikit.

Meningkatkan empati