Benarkah Kepribadian Akan Berubah Seiring Bertambahnya Umur?

By Gregorius Bhisma Adinaya, Senin, 18 Februari 2019 | 18:14 WIB
Ilustrasi perbedaan kepribadian. (SIphotography/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Sebagian besar orang meyakini bahwa kepribadian mereka saat masih kecil dan ketika mereka dewasa akan selalu sama. Namun sebuah penelitian mengungkapkan hal yang berbeda.

Kepribadian manusia ternyata akan terus berubah sepanjang usianya.Setidaknya itulah hal yang ditemukan oleh tim psikolog Universitas Edinburgh Inggris yang menganalisis data lebih dari 1.200 asesmen kepribadian pada murid-murid berusia 14 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan jangka panjang, yakni selama 63 tahun.

Baca Juga : Studi: Manusia Memiliki Pengaruh Besar Pada Kematian Hewan di BumiDalam penelitian tersebut ada enam ciri kepribadian yang dinilai, yakni kepercayaan diri, rasa ingin tahu, ketekunan, hasrat untuk unggul, keaslian, dan stabilitas mood.Sekitar 63 tahun kemudian, tim peneliti melacak 174 pelajar yang rata-rata sudah berumur 77 tahun tersebut. Para responden itu lalu melakukan tes kepribadian ulang untuk mengukur enam ciri kepribadian yang sama seperti yang mereka ukur saat berumur 14 tahun.

Mereka juga diminta mengajak pasangannya untuk menilai aspek yang sama.Hasilnya ternyata jauh berbeda, dan hanya ada sedikit korelasi seperti dalam hal kestabilan mood dan rasa ingin tahu.

Baca Juga : 5 Makanan Tinggi Kalori Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

"Makin panjang interval antara kedua pengujian kepribadian, makin bisa berbeda juga hasilnya. Kepribadian akan berubah perlahan-lahan seumur hidup kita. Namun, kepribadian pada usia tua tentu sangat berbeda dengan seperti pada masa anak-anak," tulis peneliti tersebut dalam laporannya.