Waspadai Beberapa Penyakit Langganan Selama Musim Hujan Berlangsung

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 19 Februari 2019 | 10:30 WIB
Musim hujan berakibat pada peningkatan jumlah penderita beberapa penyakit. (kan2d/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Hujan yang datang hampir setiap hari membawa dampak pada banyak hal. Genangan air hingga banjir dan meluapnya saluran pembuangan terjadi di berbagai tempat.

Fokus perhatian banyak orang pun tertuju pada antisipasi dan penanganan banjir. Padahal ada ancaman lain yang mengintai dari keadaan ini. Bakteri dan kuman mudah berkembang biak dan menyebar.

Oleh karena itu, usaha untuk meningkatkan daya tubuh selama musim hujan dengan pola makan sehat, rajin olahraga, tidur yang cukup, dan kelola stres menjadi hal yang penting.

Baca Juga : Mencuci Tangan dengan Sabun Pencuci Piring, Amankah Bagi Kulit Kita?

Selain menjaga daya tahan tubuh, pengetahuan akan berbagai penyakit langganan selama musim hujan juga perlu ditingkatkan. Tujuannya adalah untuk dapat mencegahnya jauh sebelum musim hujan datang.

Berikut ini adalah beberapa penyakit langganan yang datang selama musim hujan, selain batuk dan pilek.

1. Diare

Kontaminasi bakteri terhadap makanan dan minuman—terutama air tanah—rentan terjadi selama musim hujan. Ketika bakteri berhasil masuk ke dalam tubuh, tinja atau feses akan menjadi cair. Proses buang air ini pun terjadi lebih dari tiga kali dalam sehari.

Diare harus segera ditangani agar tidak menyebabkan dehidrasi, terutama pada anak-anak. Di negara berkembang, diare termasuk penyakit yang menyebabkan kematian dalam angka besar bagi balita.

Rajin mencuci tangan sebelum makan dan mengonsumsi air bersih merupakan salah satu cara mencegah diare.

2. Leptospirosis

Banjir merendam kawasan Penjaringan, Jakarta Utara pada tahun 2015. (Robertus Bellarminus/Kompas.com)