Wisata Kuliner di Manado? Jangan Lewatkan 10 Makanan Khas Ini

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 19 Februari 2019 | 11:19 WIB
Manado, Sulawesi, Indonesia (witte-art_de/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Indonesia memiliki sejuta destinasi wisata yang menarik. Dari wisata budaya hingga wisata kuliner dimiliki oleh Indonesia. Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Salah satu daerah yang menjadi destinasi wisata adalah Manado. Alam dan budaya di sana sukses menarik minat banyak wisatawan dalam negeri hingga wisatawan asing. Namun kurang lengkap rasanya bila mengunjungi Manado tanpa sempat mencicipi berbagai makanan di sana.

Baca Juga : Pulau Penyengat, Pulau Kecil dengan Warisan Budaya Melayu yang Besar

Tidak perlu ragu untuk memasukan Manado sebagai destinasi wisata kuliner. Berikut ini adalah 10 kuliner yang bisa Anda coba.

1. Tinutuan

Kuliner khas Manado, tinutuan atau dikenal juga dengan sebutan bubur manado. (Rony Adolof Buol/Kompas Travel)

Tinutuan adalah makanan yang dibuat dari campuran berbagai jenis sayuran hijau. Sayuran ini dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Masyarakat Manado sering menjadikannya sebagai menu sarapan.

Bila Anda menginap di hotel, makanan ini seakan menjadi menu makanan yang tidak akan terlewat mereka sajikan saat sarapan. Bila Anda jatuh cinta dengan makanan ini, kunjungi saja pusat kuliner tinutuan. Datangi wakeke, di sana terdapat puluhan warung makan mulai dari yang sederhana sampai mewah menawarkan menu tinutuan.

2. Cakalang Fufu

Ikan cakalang yang sedang diasapi diolah menjadi Cakalang Fufu, kuliner khas Manado. (Rony Adolof Buol/Kompas Travel)

Ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) atau tongkol putih yang diasapi (fufu) merupakan salah satu menu khas Manado. Ikan segar yang diasapi ini kemudian diolah menjadi berbagai menu. Salah satu olahan paling enak adalah cakalang fufu saus, atau diolah menjadi cakalang fufu santan.

Sajian menu ini sangat lezat disantap saat masih panas. Untuk mencarinya pun tidak sulit. Banyak warung makan di sana menyajikan cakalang fufu sebagai menu makan mereka.