'Mawar-mawar' nan Menawan Melayang Penghuni Antariksa

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 20 Februari 2019 | 08:25 WIB
Nebula Rosetta. ()

Nationalgeographic.co.id - Hari kasih sayang atau valentine memang sudah berlalu, tetapi pada berbagai tempat, suasana romantis khas valentine pun masih dapat ditemui. Mawar-mawar dan ornamen berwarna merah masih menghiasi.

Mawar memang identik sebagai bunga yang diberikan kepada pasangan saat valentine tiba. Bagi banyak orang, bunga ini menjadi tanda sempurna untuk menyatakan rasa cinta.

Berbicara mengenai mawar, di antariksa pun juga terdapat nebula yang secara visual tampak seperi bunga mawar.

Baca Juga : Senyawa Plastik Ditemukan Pada Telur Burung di Pedalaman Arktika

Nebula adalah bagian dari materi antarbintang berupa awan masif yang berisi debu, gas, serta plasma atau partikel bermuatan. Pendaran cahaya dari nebula bersumber dari bintang-bintang di sekitarnya. Sedangkan warna-warna indah yang terlihat berasal dari unsur dominan di dalamnya.

Nebula Mata Kucing. (NASA)

Banyak nebula yang secara visual mirip dengan mawar, tetapi hanya dua nebula yang paling dikenal. Mereka adalah Nebula Rosetta dan Nebula Mata Kucing.

Nebula Rosetta terletak di rasi Monoceros, dengan jarak 5.200 tahun cahaya dari Bumi. Nebula Rosseta menjadi tempat paling aktif yang melahirkan banyak bintang-bintang baru.

Baca Juga : 'Salju Hitam' Menyelimuti Wilayah Rusia, Limbah Pabrik Penyebabnya

Sementara itu Nebula Mata Kucing adalah nebula keplanetan yang terbentuk dari lontaran selubung luar bintang induknya pada akhir masa hidupnya. Nebula di rasi Draco ini diperkirakan akan menjadi gambaran nasib Matahari kita nanti menjelang kematiannya 5 miliar tahun lagi.